Pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Subang di hubungkan dengan Pasal 57 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Sudrajat, Shinta Azzahra (2022) Pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Subang di hubungkan dengan Pasal 57 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu latar belakang lahirnya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah karena beberapa peraturan perundang-undangan yang berlaku selama ini menempatkan pekerja pada posisi yang kurang menguntungkan. Pekerja adalah komponen penting yang diperlukan oleh setiap perusahaan, memiliki hak dan kewajiban dalam setiap hubungan kerja yang harus termuat dalam perjanjian kerja secara tertulis. Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat, yang memiliki UMKM cukup banyak ialah Kabupaten Subang. Tujuan penelitian ialah menganalisis tentang bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis, menganalisis hambatan pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis, terakhir menganalisis upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis pada UMKM di Kabupaten Subang. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini, adalah teori perlindungan hukum, teori keadilan, dan teori keseimbangan. Melihat maraknya penyalahgunaan setiap produk pada lapangan Sehingga perlunya ketiga teori ini digunakan untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis pada UMKM di Kabupaten Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi pekerja tanpa perjanjian kerja tertulis pada UMKM di Kabupaten Subang cenderung dan berpotensi tidak optimal. Hambatan terjadi akibat kesadaran dan pemahaman pelaku usaha UMKM belum terwujud, peraturan perundang-undangan yang belum memadai bagi pekerja pada sektor UMKM, kemudian pengawasan dari pemerintah daerah yang belum masuk secara intens. Untuk mengatasi hambatan dibutuhkan upaya, diantaranya meberikan edukasi lewat seminar bagi para pelaku usaha UMKM, berencana membuat regulasi yang lebih memadai terkait perjanjian kerja tertulis pada UMKM, mengintensifkan pengawasan hubungan kerja pada sektor UMKM di Kabupaten Subang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ketenagakerjaan; Perlindungan; Pekerja; Perjanjian Kerja; UMKM;
Subjects: Private Law
Private Law > Contracts
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Shinta Azzahra Sudrajat
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:01
Last Modified: 10 Oct 2022 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59411

Actions (login required)

View Item View Item