Pengaruh pendapatan Margin Murabahah dan Non Performing Financing (NPF) terhadap laba bersih PT. Bank Syariah Indonesia Tbk periode 2013-2020

Fauziyyah, Syifaa (2022) Pengaruh pendapatan Margin Murabahah dan Non Performing Financing (NPF) terhadap laba bersih PT. Bank Syariah Indonesia Tbk periode 2013-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak (2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi ketika peneliti Praktik Lapangan Kerja disalah satu cabang Bank Rakyat Indonesia Syariah, pada saat itu akad murabahah merupakan akad yang paling banyak diminati oleh para nasabah sehingga akad murabahah ini menjadi sebuah penghasil laba bersih terbanyak di perusahaan ,tapi meskipun akad murabahah ini banyak digemari, adapun kendala yang tersebesar yang sering terjadi pada akad ini yaitu Non Performing Financing (NPF) atau kredit macet yang sama-sama berpengaruh terhadap jumlah Laba Bersih yang di dapat oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa atau mengetahui seberapa besar pengaruh yang ada pada Pendapatan Margin Murabahah terhadap Laba Bersih, juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Laba Bersih, dan juga untuk mengetahui besarnya pengaruh dari Pendapatan Margin Murabahah dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Laba Bersih secara simultan di PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk periode 2013-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan beberapa alat uji,yakni asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelsi, dan uji heteroskedastisitas, menggunakan analisis regresi (analisis regresi berganda (simultan)), analisis korelasi (analisis korelasi berganda (simultan)), analisis koefisien determinasi, terakhir menggunakan pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendapatan Margin Murabahah dan Non Performing Financing (NPF), variabel dependen adalah Laba Bersih dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan PT Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk Periode 2013-2020. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan : 1) Pendapatan Margin Murabahah secara parsial terbukti berpengaruh positif signifikan sebesar 45,1% terhadap Laba Bersih; 2) Non Performing Financing (NPF) secara parsial terbukti pengaruh negatif signifikan sebesar 13,3% terhadap Laba Bersih; 3) Pendapatan Margin Murabahah dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan terbukti berpengaruh positif signifikan sebesar 57% terhadap Laba Bersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Non Performing Financing (NPF); Laba Bersih
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Syifaa Fauziyyah
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:52
Last Modified: 10 Oct 2022 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59410

Actions (login required)

View Item View Item