Proses produksi siaran berita di SSJ Kompas TV : Studi deskriptif kualitatif terhadap Sistem Stasiun Jaring (SSJ) Kompas TV Jabar pada program berita Kompas Jabar Pagi

Gusti, Rahmadian Penaka (2022) Proses produksi siaran berita di SSJ Kompas TV : Studi deskriptif kualitatif terhadap Sistem Stasiun Jaring (SSJ) Kompas TV Jabar pada program berita Kompas Jabar Pagi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Program berita Kompas Jabar Pagi merupakan salah satu program unggulan di Stasiun Kompas TV Jabar, yang berfokus pada penyiaran berita yang aktual untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Namun demikian proses penyiaran berita ini sebenarnya mencakup tahapan produksi yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis proses produksi program berita, mencakup tahap pra-produksi, tahap proses produksi, dan tahap pasca produksi. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran Fred Wibowo, yang menurutnya program televisi tidak dapat terlepas dari adanya kerjasama oleh tim produksi yang merangkai dan merencanakan ide cerita atau scenario ke dalam bentuk audio dan video. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan data yang dikumpulkan yaitu melalui observasi dan wawancara dengan subjek yang terlibat dalam produksi program Kompas Jabar Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pada tahap pra produksi penyiaran berita di Kompas Jabar Pagi segenap tim produksi acara akan mempersiapkan segala sesuatu yang akan menjadi konten program. Seperti penentuan materi pemberitaan, pembagian tugas liputan, penetapan durasi dan format siaran. Kedua, pada tahap proses produksi, tim produksi program berita Kompas Jabar pagi mengeksekusi semua butir perencanaan yang sudah disusun pada tahapan sebelumnya, yang mencakup pendalaman materi, penyusunan naskah, editing, penyuntingan gambar, hingga nanti materi tersebut siap untuk diberitakan. dan Ketiga, pada tahap pasca produksi, tim produksi program Kompas Jabar Pagi menghasilkan output produksi berupa siaran berita yang ditampilkan dalam program berita Kompas Jabar Pagi. Seluruh proses produksi berita tersebut merupakan kegiatan yang kompleks yang memiliki kekhususan antara satu program dengan program televisi lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Produksi; Berita; Kompas TV Jabar.
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Procedures, Equipment of Chemistry > Gas Production, Processing, Measuring
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rahmadian Penaka Gusti
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:39
Last Modified: 17 Oct 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59409

Actions (login required)

View Item View Item