Pengalaman mahasiswa non-jurnalistik UIN Bandung dalam peliputan foto jurnalistik : Studi fenomenologi pada anggota komunitas Photo’s Speak

Qorieb, Robby Fathan (2022) Pengalaman mahasiswa non-jurnalistik UIN Bandung dalam peliputan foto jurnalistik : Studi fenomenologi pada anggota komunitas Photo’s Speak. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa non-jurnalistik dalam melakukan peliputan foto jurnalistik dipandang penting untuk diteliti karena karakteristik yang berbeda dalam peliputan foto jurnalistik dibandingkan mahasiswa jurnalistik yang telah mendapatkan ilmu dasar tentang kejurnalistikan, penelitian ini dianggap menarik karena khalayak dapat mengetahui motif mahasiswa non-jurnalistik dalam mempelajari dan pengalamannya dalam peliputan foto jurnalistik. Fokus Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana anggota Komunitas Photo’s Speak dalam memahami peliputan foto jurnalistik. Bagaimana anggota komunitas Photo’s Speak memaknai peliputan foto jurnalistik. Bagaimana pengalaman anggota komunitas photo’s speak ketika sedang melakukan peliputan foto jurnalistik. Teori yang digunakan adalah fenomenologi Alfred Schutz bagaimana mempelajari fenomena dialami dalam kesadaran, dan tindakan, seperti seperti bagaimana fenomena tersebut bernilai atau diterima. Fenomenologi mencoba mencari pemahaman bagaimana manusia mengkontruksi makna dan konsep dalam intersubjektifitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena karakteristik dari pendekatan ini dipandang tepat dengan topik penelitian dan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan anggota Photo’s Speak, sehingga memberikan informasi tentang apa yang dialami oleh mahasiswa UIN yang tergabung Komunitas Photo’s Speak. Hasil dari penelitian ini bahwa ketika mahasiswa non-jurnalistik melakukan peliputan foto jurnalistik, para anggota memahami apa yang mereka terima selama menjadi anggota photo’s speak. Berita yang akan disampaikan kepada masyarakat bukan hanya sekedar visual, karena foto jurnalistik dianggap penting, foto jurnalistik yang baik adalah bukan hanya foto yang dimuat di media, namun dapat berpengaruh juga kepada masyarakat. Kemudian hasil foto pada anggota ini juga menggunakan teknik atau metode yang terdapat di foto jurnalistik, caption sebagai penjelas foto pun mengandung informasi yang lengkap sesuai dengan foto.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peliputan; Foto Jurnalistik; Pengalaman; Photo's Spek;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Techniques and Procedures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Robby Fathan Qorieb
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:56
Last Modified: 10 Oct 2022 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59397

Actions (login required)

View Item View Item