Media sosial dalam perspektif jurnalis kampus : Studi deskriftif inspirasi peliputan pada Jurnalis Kampus Bandung OKE TV UIN Sunan Gunung Djati Bandung di akun Instagram Pikiran Rakyat

Agam, Muhammad Fuad (2022) Media sosial dalam perspektif jurnalis kampus : Studi deskriftif inspirasi peliputan pada Jurnalis Kampus Bandung OKE TV UIN Sunan Gunung Djati Bandung di akun Instagram Pikiran Rakyat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Instagram salah satu media alternatif yang sangat terkenal sebuah aplikasi berbagi foto atau video. Karena pada zaman sekarang informasi sangat mudah didapatkan di media instagram dan salah satunya menjadi tempat penyebaran berita atau informasi oleh para akun media berita ternama salah satunya instagram Pikiran Rakyat. Sebagian kepentingan individu informasi di akun instagram sering kali menjadi inspirasi bagi media lainnya salah satunya akun instagram pikiran rakyat menjadi inspirasi bagi jurnalis kampus media Bandung OKE TV Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman jurnalis kampus dalam pencarian sumber inspirasi peliputanya di akun instagram pikiranrakyat.Untuk mengetahui proses pengumpulan berita jurnalis kampus di media sosial pikiran rakyat sebagai pencarian informasi atau sumber liputan di Instagram. Untuk mengetahui kepuasan jurnalis kampus dalam melihat informasi dari akun Instagram pikiran rakyat sebagai peliputannya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, kerena teori ini berfokus pada audiens sebagai konsumen media massa, melalui teori ini dihaparkan bisa menghasilkan tanggapan terhadap isi media secara beda-beda. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan alasan, penelitian ini bermaksud untuk membuat gambaran dan memaparkan situasi berupa instagram pikiran rakyat yang dijadikan inspirasi sumber liputan sehingga data yang diperoleh dapat diakumulasi dengan baik. Dengan menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa akun instagram pikiran rakyat sebagai sumber inspirasi liputan jurnalis kampus dalam perespektif jurnalis kampus Bandung OKE TV UIN Bandung yaitu layak sebagai sumber inspirasi liputan. Secara garis besar akun instagram pikiran rakyat memiliki informasi dan berita yang menarik dan beragam beritanya sehingga dijadikan inspirasi liputan oleh jurnalis kampus selain itu cara jurnalis kampus memahami mengumpulkan dan kepuasan jurnalis kampus dalam melihat data informasi di akun instagram pikiran rakyat juga terbilang kreatif karena mereka melihat informasi dari visual dan isinya lalu mencari angle yang berbeda dan meriset kembali dari setiap informasi dan mengolah dan mengemasnya menjadi semenarik mungkin agar banyak yang tertarik membaca postingan berita dan informasinya dengan menggunakan infografis dan fead-fead yang menarik minat baca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Pikiran Rakyat; Inspirasi; Reverensi; Peliputan; Jurnalis Kampus
Subjects: Biography, Obituary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Fuad Agam
Date Deposited: 07 Oct 2022 00:52
Last Modified: 07 Oct 2022 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59316

Actions (login required)

View Item View Item