Komparasi metode tafsir di nusantara : Telaah metode tafsir Tarjuman Al-Mustafid karya Abdul Rauf Al-Sinkili dan tafsir Qur’an Karim karya Mahmud Yunus

Rohmanudin, Deden (2022) Komparasi metode tafsir di nusantara : Telaah metode tafsir Tarjuman Al-Mustafid karya Abdul Rauf Al-Sinkili dan tafsir Qur’an Karim karya Mahmud Yunus. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Kajian metode dalam ruang lingkup tafsir merupakan sebuah kajian yang tidak bisa terpisahkan. Karena metode tafsir berkembang sesuai dengan perkembangan tafsir itu sendiri. Di Nusantara ada dua kitab tafsir yang cukup penting untuk dikaji Tarjuman al Mustafid sebagai tafsir klasik dan Qur’an Karim karya Mahmud Yunus sebagai tafsir yang mewakili era modern. Berangkat dari perihal tersebut maka penelitian ini untuk menjawab beberapa pertanyaaan penelitian. Pertama, apa orientasi dari penulisan tafsir Tarjuman al Mustafid dan Qur’an Karim. Kedua, bagaimana pengaruh tsaqafah al mufassir dari Abd Rauf dan Mahmud Yunus terhadap metode penafsiran keduanya. Ketiga, bagaimana metode umum dan khusus dari Tafsir Tarjuman al Mustafid dan Tafsir Qur’an Karim karya Mahmud Yunus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan penggunaan jenis kualitatif komparatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik studi kepustakaan atau library research. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Adapun teori yang digunakan adalah teori metodologi tafsir al Farmawi yang kemudian dikombinasikan dengan teori Barduzzaman Yunus. Hasil dari penelitian ini ada beberapa point penting. Pertama, kemiripan orientasi menjadikan Tarjuman al Mustafid dan Tafsir Qur’an Karim lahir, yakni kebutuhan masyarakat akan tafsir menggunakan bahasa lokal. Kedua, adanya keterpengaruhan tsaqafah al Mufassir terhadap metode penafsiran yang digunakan terutama pada tafsir Mamhud Yunus yang sangat kental dengan nuansa tarbawi. Ketiga, sebagai Ulama Nusantara Abd Rauf dan Mahmud Yunus memiliki persamaan dalam teknik penafsiran, sama-sama menggunakan metode Ijmalli dengan menggunakan berbagai macam pendekatan sehingga menjadikan corak yang memiliki ke khasan tersendiri walaupun sama-sama mengarah pada corak adabi ijtima’i.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode; tafsir; nusantara;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Deden Rohmanudin
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:50
Last Modified: 06 Oct 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59275

Actions (login required)

View Item View Item