Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu nearpod terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem

Despyani, Pepy (2022) Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu nearpod terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Peralihan kegiatan pembelajaran dari daring ke luring pasca pandemi memerlukan banyak adaptasi bagi siswa. Model Group Investigation berbantu aplikasi Nearpod dapat membantu siswa dalam beradaptasi dengan kegiatan pembelajaran luring karena siswa dapat saling bertukar ide dan berbagi pendapat dengan sesamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dengan dan tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod, mendeskripsikan respon peserta didik dengan dan tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod, mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbantu Nearpod terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Aktivitas guru dan peserta didik terlaksana dengan sangat baik. Nilai rata- rata posttest peserta didik dengan menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod adalah 86,67, sedangkan rata-rata posttest peserta didik tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod adalah 82,47. Respon peserta didik terhadap pembelajaran ekosistem menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod adalah 87,71%, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu Nearpod adalah 81,59%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,045 maka interpretasinya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation berbantu Nearpod berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMAN Cicalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Hasil Belajar Kognitif; Nearpod; Model Group Investigation.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Pepy Despyani
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:56
Last Modified: 11 Oct 2022 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59269

Actions (login required)

View Item View Item