Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Operational Effeciency Ratio (OER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. BANK BNI Syariah Periode 2012 - 2021

Jamil, Ngabdul (2022) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Operational Effeciency Ratio (OER) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. BANK BNI Syariah Periode 2012 - 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAR)
2_Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan atau perusahaan yang memiliki kinerja keuangan baik dan stabil tentu akan menarik para investor yang ingin menggunakan jasa perbankan tersebut, perbankan atau perusahaan tersebut pasti akan berorientasi pada keuntungan terhadap modalnya. Return On Equity (ROE) merupakan rasio untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengelola capital yang ada untuk mendapatkan net income. Faktor yang mempengaruhi Return On Equity (ROE) adalah Non Performing Financing (NPF) dan Operational Efficiency Ratio (OER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh NPF secara persial terhadap ROE, seberapa besarnya pengaruh OER secara persial terhadap ROE, dan seberapa besarnya pengaruh NPF dan OER secara simultan terhadap ROE. Digambarkan dalam Kerangka berpikir yang digunakan bahwa terdapat hubungan yang saling berpengaruh pada setiap variabel antara NPF dan OER Terhadap ROE. Apabila NPF mengalami peningkatan maka ROE akan mengalami penurunan. Sedangkan OER mengalami peningkatan maka ROE dapat mengalami peningkatan juga, namun ROE juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui laporan keuangan tahunan PT. BNI Syariah Periode 2012-2021 yang berasal dari halam website resmi www.bnisyariah.co.id. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis berupa Uji t dan Uji f. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil uji nalisis koefisien determinasi pengaruh NPF secara persial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE sebesar 0,6%. Sedangkan OER secara perisal berpengaruh signifikan terhadap OER sebesar 20,6%. Secara simultan menunjukan NPF dan OER terhadap ROE tidak berpengaruh signifikan sebesar 23,8% pada PT. BNI Syariah Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF); Opertaional Efficiency Ratio (OER); Return On Equity (ROE);
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Research Methods of Economic
Business > Statistic of Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ngabdul Jamil
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:38
Last Modified: 07 Oct 2022 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59266

Actions (login required)

View Item View Item