Penggunaan media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian pada siswa kelas VII SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Kabupaten Bekasi

Ulum, Khoirul (2022) Penggunaan media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian pada siswa kelas VII SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diproleh keterangan bahwa masalah yang terjadi di lokasi penelitian adalah terdapat pemahaman siswa dalam pelajaran PAI yang masih kurang, khususnya dalam memahami surat-surat al-Qur’an. Diketahui faktor yang membuat siswa kesulitan memahami materi karena media pembelajaran yang terbatas. Guru belum menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia terkecuali media Microsoft powerpoint. Padahal siswa diperbolehkan menggunakan laptop pada beberapa pembelajaran. Dengan didasari melihat potensi adanya fasilitas diperbolehkannya siswa menggunakan laptop pada beberapa pembelajaran, menjadikan ide dan upaya penyelesaian masalah dengan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia melalui Adobe Flash sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui desain media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ. 2) Mendeskripsikan penggunaan media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ di kelas VII SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Bekasi. 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an Setelah menggunakan penggunaan media berbasis Adobe Flash pada siswa kelas VII SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Bekasi. Berdasarkan teori yang ada bahwa kemampuan belajar membaca al-Quran setiap peserta didik tersebut salah satunya dipengaruhi oleh faktor eksternal, dalam hal ini adalah media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik secara tidak langsung akan menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar. Dalam hal ini yaitu media berbasis Adobe Flash yang kegunaannya mampu mengabungkan antara teks, gambar, audio, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan, dapat memberikan pembelajaran yang lebih menarik. Pada penelitian ini peneliti menerapakan penggunaan media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ yang diasumiskan dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Quran. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan teknik analisis data statistik, dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil anlisis menunjukkan 1) Desain media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ dibuat menggunakan dua tahap. Tahap desain kerangka alur keseluruhan, dan tahap desain interface. 2) Proses penggunaan media berbasis Adobe Flash pada pembelajaran BTQ terlaksana dengan baik dengan rata-rata tingkat keterlaksanaan 74,5%. 3) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an setelah menggunakan media berbasis Adobe Flash berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,3, dan hasil dari uji “t” nilai thitung adalah 6,97 dan hasil nilai ttabel adalah 2,06.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Berbasis Adobe Flash; Pembelajaran BTQ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Ulum
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:35
Last Modified: 06 Oct 2022 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59256

Actions (login required)

View Item View Item