Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 109 tentang akuntansi Zakat, Infak/Sedekah pada Baznas Kabupaten Tasikmalaya

Nurcahyani, Evi (2022) Analisis penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no. 109 tentang akuntansi Zakat, Infak/Sedekah pada Baznas Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Sebagai pedoman satu dari lima rukun islam yang dijadikan dasar oleh umat islam, menjadikan potensi zakat cukup besar, tetapi kurang dari potensi yang diperhitungkan. Ini menjadikan lembaga organisasi pengelola zakat, infak/sedekah semakin banyak dan bermunculan, tetapi belum semuanya sadar akan pentingnya pelaporan yang sesuai dengan pedoman yang ada. Untuk menseragamkan hal yang berbeda itu Ikatan Akuntan Indonesia dengan Forum Zakat merumuskan tentang pelaporan yang khusus membahas tentang zakat, infak dan sedekah pada tahun 2007-2008. Pedoman tersebut dinamakan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomor 109 dan disahkan pada tahun 2010 serta efektif per tahun 2012. Diharapkan oleh berbagai pihak, berlakunya PSAK 109 ini, menjadikan keseragaman dalam pelaporan entitas zakat dan masyarakat dapat ikut serta dalam meninjau pengelolaan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan akuntansi zakat, infak/sedekah pada BAZNAS Kab. Tasikmalaya serta untuk menganalisa tentang kesesuaian penerapan akuntansi zakat, infak/sedekah pada BAZNAS Kab.Tasikmalaya berdasarkan PSAKNo.109. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tempat yang dijadikan objek penelitian yaitu BAZNAS Kab.Tasikmalaya yang berfokus pada laporan keuangan, akuntansi zakat, infak/sedekah pada BAZNAS Kab. Tasikmalaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya dalam penyajian laporan keuangannya memisahkan antara dana zakat, infaq/sedekah dan dana amil secara terpisah. Yang merupakan standar akuntansi dalam PSAK 109. BAZNAS Kab.Tasikmalaya sendiri menjadikan bukti penerimaan, bukti penyaluran, buku bank serta penerimaan kas dan pengeluaran kas sebagai dasar pencatatan akuntansi, serta membuat laporan keuangan dalam lima komponen laporan keuangan. Kesesuaian akuntansi zakat, Infaq/sedekah pada BAZNAS Kab.Tasikmalaya dengan PSAK 109 telah sesuai dengan PSAK 109 baik. Baik dalam pengakuan dan pengukuran, serta penyajian dan pengungkapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSAK 109; Akuntansi ZIS; BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Accounting
Accounting > Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Evi Nurcahyani
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:29
Last Modified: 06 Oct 2022 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59240

Actions (login required)

View Item View Item