Kegiatan Cyber Public Relations di Lembaga Pendidikan :Studi pada akun Instagram @sman1bantarujeg

Utama, Muhammad Alamsyah Budi (2022) Kegiatan Cyber Public Relations di Lembaga Pendidikan :Studi pada akun Instagram @sman1bantarujeg. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Internet disebut sebagai dunia baru yang penuh dapat menarik serta memikat seluruh manusia. Jumlah pengguna internet terus bertambah, terbukti dengan semakin mudahnya mengakses internet oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja. Instagram sebagai salah satu media sosial yang sedang tren saat ini memiliki perkembangan yang cukup pesat sebagai sarana penyebaran informasi publik. Tren ini telah banyak dipergunakan di seluruh pemerintah dunia. Humas SMAN 1 Bantarujeg sudah menggunakan Cyber Public Relations dengan memanfaatkan instagram sebagai media untuk menyebarluaskan informasi pemerintah kepada masyarakat. SMAN 1 Bantarujeg memiliki akun instagram @sman1bantarujeg dengan jumlah followers 1.069. Penggunaan Instagram @sman1bantarujeg sebagai sarana komunikasi dan informasi, pengelolaan akun instagram @sman1bantarujeg ini dilakukan oleh Public Relations yang aktif memberikan informasi seperti berita kegiatan internal dan kegiatan eksternal, kebijakan lembaga dan informasi lengkap tentang sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan cyber public relations di lembaga pendidikan melalui teori 4C yang digagas oleh Chris Heuer dengan indikator 1) pesan (context) 2) komunikasi (communication) 3) kolaborasi (collaboration) 4) hubungan (connection). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualiatif dengan data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data, yaitu wawancara mendalam, observasi pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tim humas SMAN 1 Bantarujeg sudah tepat dalam melakukan kegiatan cyber public relations di lembaga pendidikan selaras dengan teori 4C, dengan indikator sebagai berikut: 1) membentuk sebuah pesan (context): unit humas SMAN 1 Bantarujeg melakukan penentuan ide konten, pembuatan konten, dan menentukan gaya bahasa; 2) komunikasi dengan audiens (communication): unit humas SMAN 1 Bantarujeg melakukan optimalisasi fitur instagram dan mempublikasikan konten; 3) berkolaborasi dengan audiens (collaboration): unit humas SMAN 1 Bantarujeg melakukan penggaetan influencer dan bekerja sama dengan guru; 4) menjalin hubungan dengan audiens (connetion): unit humas SMAN 1 Bantarujeg melakukan interaksi melalui fitur instagram dan evaluasi kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; Media Sosial; Instagram; Lembaga Pendidikan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Alamsyah Budi Utama
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:32
Last Modified: 06 Oct 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59205

Actions (login required)

View Item View Item