Penerapan Search Engine Optimization (SEO) di Jurnalgarut.pikiran-rakyat.com dalam meningkatkan daya saing di mesin pencarian

Putera, Muhammad Rezaldy (2022) Penerapan Search Engine Optimization (SEO) di Jurnalgarut.pikiran-rakyat.com dalam meningkatkan daya saing di mesin pencarian. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Kian pesatnya pertumbuhan media online membuat persaingan antar media online untuk mendapatkan trafik menjadi cukup sengit. Salah satu sumber untuk mendapatkan trafik yakni dengan memanfaatkan mesin pencarian atau search engine. Mesin pencarian dianggap sebagai salah satu sumber trafik yang cukup berpengaruh. Salah satu cara yang dilakukan media online untuk dapat bersaing dengan media-media lain di mesin pencarian adalah dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Garut adalah salah satu media yang menerapkan praktik SEO untuk meningkatkan daya saing di mesin pencarian. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana penerapan Search Engine Optimization (SEO) on page di Jurnal Garut. Kedua, penerapan SEO off page yang dilakukan oleh Jurnal Garut. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana daya saing Jurnal Garut di mesin pencarian. Penelitian ini menggunakan teori new media dari Lev Manovich sebagai relevansi penggunaan Search Engine Optimization (SEO) di media online. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan konsep Search Engine Optimization (SEO) yang diterangkan oleh Neil Patel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan SEO di Jurnal Garut, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini diuraikan ke dalam tiga bagian, yakni penerapan SEO on page, penerapan SEO off page, dan daya saing Jurnal Garut di mesin pencarian. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Jurnal Garut menerapkan SEO on page dengan memperhatikan penempatan kata kunci di judul, meta deskripsi, tiga paragraf awal, penggunaan link internal dan standarisasi minimal 15 paragraf. Sementara itu kegiatan SEO off page yang dilakukan Jurnal Garut hanya dengan melakukan pemasaran di platform social bookmarking seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Untuk meningkatkan daya saing di mesin pencarian, Jurnal Garut memperbanyak kuantitas tulisan serta melakukan riset kata kunci untuk memperkuat posisi Jurnal Garut di mesin pencarian. Hasilnya, Jurnal Garut mampu bersaing dengan media-media lain di mesin pencarian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Search Engine Optimization; Jurnal Garut; Daya Saing;
Subjects: Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Rezaldy Putera
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:43
Last Modified: 05 Oct 2022 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59187

Actions (login required)

View Item View Item