Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Imaroh

Wizananta, Wizananta (2022) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian pada siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Imaroh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar pada diri siswa dengan perilaku malas belajar, sehingga hasil belajarnya masih terbilang rendah. Lingkungan keluarga siswa yang berbeda-beda dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, baik dari cara orang tua mendidik, segi ekonomi, suasana rumah, kasih sayang orang tua, hubungan anggota keluarga, dan latar belakang kebudayaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Lingkungan keluarga siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Imaroh. 2) Hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Imaroh. 3) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Imaroh. Berlandaskan teori yang terkandung dalam penelitian ini dlandaskan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak salah satunya dipengaruhi oleh faktor internal yaitu lingkungan keluarga. Dari asumsi tersebut dapat diajukan sebuah hipotesis, semakin lingkungan keluarga siswa baik maka akan semakin tinggi hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang di dalamnya terdapat populasi dan sampel, dengan sumber data sekunder sebagai sumber pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, serta analisis hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh lingkungan keluarga siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al Imaroh tergolong ke dalam ketegori tinggi, dengan rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 68,3. 2) Hasil belajar kognitif akidah akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al Imaroh tergolong kedalam kategori cukup atau sedang, hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan rata-rata skor 73,9. 3) Analisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar kognitif akidah akhlak siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al Imaroh mempunyai koefisien korelasi sebesar 40,9% artinya cukup atau sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (2,394) > t tabel (1,669), maka Ha diterima dan H₀ ditolak. Derajat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 12%, sedangkan sisanya 88% dipengaruhi oleh variabel atau factor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga; hasil belajar kognitif; akidah akhlak
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WIZANANTA WIZANANTA
Date Deposited: 06 Oct 2022 00:47
Last Modified: 06 Oct 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59177

Actions (login required)

View Item View Item