Pengaruh hafalan Al-Qur'an terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas V SD Sedunia Cileunyi Bandung

Atifah, Laily (2022) Pengaruh hafalan Al-Qur'an terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas V SD Sedunia Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SD Sedunia Cileunyi yaitu mengenai hafalan Al-Qur’an dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan studi pendahuluan hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa, upaya yang dilakukan sekolah agar siswa mencapai target minimal hafalan Al-Qur’an yaitu dengan melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an setiap hari selama 2 jam mata pelajaran, namun terdapat sebagian siswa yang hafalan Al￾Qur’annya masih belum lancar, perlu dibimbing untuk dilancarkan dan belum mencapai target hafalannya. Kemudian terdapat siswa yang hasil belajarnya kurang, yaitu belum mencapai nilai KKM 70, hal tersebut terlihat dari proses dan hasil dari kegiatan pembelajaran. Maka dari itu, penulis mencoba untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan serta pengaruh antara hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) hafalan Al-Qur’an siswa; 2) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI; 3) pengaruh hafalan Al￾Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V pada mata pelajaran PAI di SD Sedunia Cileunyi Bandung.Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dipengaruhi hafalan Al-Qur’an. Dengan demikian hipotesis yang diajukan adalah semakin baik hafalan Al-Qur’an siswa, maka semakin baik hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dan metode korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Sedunia Cileunyi Bandung. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya yaitu analisis parsial dan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya: 1) hafalan Al-Qur’an siswa termasuk pada kategori baik dengan skor sebesar 78,8 yang berada pada interval 70 – 79; 2) hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori baik dengan skor sebesar 72,77 yang berada pada interval 70 – 79; 3) pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 5 pada mata pelajaran PAI di SD Sedunia Cileunyi Bandung diperoleh korelasi sebesar 0. 636 dengan korelasi kuat dan derajat pengaruh sebesar 42%. Dengan demikian masih ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa sebesar 58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur'an; Hasil Belajar; Kognitif
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laily Atifah
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:11
Last Modified: 06 Oct 2022 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59163

Actions (login required)

View Item View Item