Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour dan kepuasan kerja terhadap Turn Over Intention pegawai CV. Pandawa Lima

Darmawan, Rizky (2022) Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour dan kepuasan kerja terhadap Turn Over Intention pegawai CV. Pandawa Lima. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Pegawai merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki perusahaan yang dapat mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Perusahaan sebaik mungkin mengelola pegawai agar merasa nyaman dan meminimalisir adanya niat berpindah kerja, karena turn over menjadi salah satu representasi keberhasilan manajemen sumberdaya manusia. Pada CV. Pandawa Lima, fenomena turn over selalu terjadi tiap tahunnya, dimana diidentifikasi kemungkinan terjadinya karena kepuasan kerja dan pemahaman mengenai organizational citizenship behaviour yang belum sepenuhnya merata dimiliki seluruh pegawai. Penelitian ini dilakukan di CV. Pandawa Lima, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan organizational citizenship behaviour terhadap turn over intention pegawai, untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja terhadap turn over intention pegawai, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan organizational citizenship behaviour dan kepuasan kerja terhadap turn over intention pegawai CV. Pandawa Lima. Menurut Follet, manajemen merupakan“management is the art of things done through people”. Sedangkan teori MSDM menggunakan toeri Adamy (2016), teori Turn Over menggunakan toeri Pacewark & strawser (dikutip di Mujiati & Dewi, 2016), teori OCB menggunakan teori Organ (dikutip di Munir, 2020, h. 32), dan teori kepuasan kerja menggunakan toeri Handoko (dikutip di Adami, 2016, h. 81). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini sebanyak 80 responden. Metode penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dengan teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik dekriptif, analisis regresi berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisiensi determinasi menggunakan alat bantu software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pengaruh organizational citizenship behaviour berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap turn over intention pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh secara negatif serta signifikan terhadap turn over intention pegawai. Hasil uji secara simultan yang diperoleh hasil berpengaruh signifikan karena fhitung > ftabel. Hasil koefisien determinasi menunjukan turn over intention pegawai dijelaskan oleh OCB dan kepuasan kerja sebesar 78,5 %, sedangkan 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini berdasarkan adjusted r square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen sumberdaya manusia; organizational citizenship behaviour; kepuasan kerja; turn over intention
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rizky Darmawan
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:11
Last Modified: 11 Oct 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59128

Actions (login required)

View Item View Item