Manajemen masjid dalam meningkatkan partisipasi remaja milenial untuk memakmurkan masjid : Studi deskriptif di masjid jami Al-Ikhlas Ds. Baleendah Kec. Baleendah Kab. Bandung

Nudin, Ahmad Iman (2022) Manajemen masjid dalam meningkatkan partisipasi remaja milenial untuk memakmurkan masjid : Studi deskriptif di masjid jami Al-Ikhlas Ds. Baleendah Kec. Baleendah Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.coverskripsi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTARISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BABI)
4.BABI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6.BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7.BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Moralitas remaja merupakan kunci dari kemajuan dan kemunduran suatu bangsa dan negara. Oleh karena itu, pendidikan baik formal maupun non formal sangatlah penting agar bisa menumbuhkan moralitas tersebut. Salah satu pendidikan yang dapat di pelajari adalah bagaimana cara manajemen masjid dengan baik. Manajemen masjid merupakan hal yang pokok yang dapat dilaksanakan dalam upaya meningkatkan partisipasi remaja untuk memakmurkan masjid.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen di Masjid Jami Alikhlas Ds. Baleendah Kec. Baleendah Kab. Bandung dalam meningkatkan partisipasi remaja milenial untuk memakmurkan masjid dalam segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan program dan pengawasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang manajemen masjid dalam meningkatkan partisipasi remaja milenial untuk memakmurkan masjid. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Dan data yang diperoleh oleh peneliti melalui hasil observasi secara langsung, wawancara kepada pihak-pihak pengelola masjid jami al-ikhlas Kecamatan Baleendah dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan masjid jami al-ikhlas Kecamatan Baleendah dalam menarik partisipasi remaja telah berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan hasil diskusi yang dilakukan bersama, sedangkan pengorganisasian masjid yang dilakukan DKM Masjid Jami Al-Ikhlas Kecamatan Baleendah terhadap remaja milenial bertujuan untuk mempermudah kinerja pengurus dalam menjalankan program. Selain itu, dengan adanya IRMA (Ikatan Remaja Masjid) pelaksanaan dan pengawasan program DKM dalam meningkatkan partisipasi remaja milenial sudah berjalan dengan sangat baik sehingga pelaksanaan program dan kegiatan dapat sesuai dengan perencanaan.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Masjid Jami Al-Ikhlas Kecamatan Baleendah telah mengimplementasikan manajemen masjid dengan baik dari mulai perencanaan sampai dengan pengawasan dari program dan kegiatan sebagai salah satu cara meningkatkan partisipasi remaja milenial untuk memakmurkan masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Masjid; Remaja Milenial
Subjects: Buildings for Religious Architecture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ade Riska
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:52
Last Modified: 05 Oct 2022 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59127

Actions (login required)

View Item View Item