Efektivitas penerapan program pendistribusian dana zakat di BAZNAS Kabupaten Majalengka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Nurrahman, Muhamad Furqon Rizka (2022) Efektivitas penerapan program pendistribusian dana zakat di BAZNAS Kabupaten Majalengka dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim dengan harta benda yang dimiliki sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam hukum islam. Kabupaten Majalengka mempunyai potensi zakat yang cukup besar, maka untuk memaksimalkan potensi tersebut harus ada pengelolaan yang baik dalam penyaluran dana zakat seperti yang dilakukan Baznas Kabupaten Majalaengka penyaluran zakat dalam pendayagunaan dana zakat produktif pada program Majalengka cageur, bener, bageur, pinter dan singer serta program dompet digital guna memberikan manfaat terhadap pemberdayaan ekonomi mustahik dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi mustahik agar dapat bertranformasi menjadi muzakki. Latar belakang peneliti ini mengkaji tentang strategi BAZNAS Kabupaten Majalengka dikarenakan peneliti tertarik tentang strategi apa yang digunakan agar masyarakat Majalengka mendapatkan kesejahteraannya. Atas hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini, yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi pihak yang membutuhkan baik sebagai rujukan atau sebagai pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendayagunaan dana zakat produktif serta dampaknya terhadap pemberdayaan ekonomi mustahik yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Majalengka melalui program Majalengka cageur, bener, pinter dan singer serta program dompet digital serta untuk mengetahui apakah program yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Majalengka sudah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah penerima dana zakat produktif dan pimpinan Baznas Kabupaten Majalengka. Teknik analisis pada penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pendistribusian dana zakat produktif yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Majalengka sudah efektif dalam pendayagunaan dana zakat produktif terhadap pemberdayaan ekonomimustahiknya. Sebab dar 4 (empat) yaitu ketetapan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pengawasan atau monitoring. Hanya satu indikator yang belum efektif yaitu tujuan program. Hal ini menunjukkan bahwa program yang dijalankan oleh Baznas Kabupaten Majalengka berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pendayagunaan Zakat Produktif; Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: Islam
Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Furqon Rizka
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:25
Last Modified: 06 Oct 2022 03:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59092

Actions (login required)

View Item View Item