Bimbingan pranikah untuk mempersiapkan pemahaman calon pengantin mewujudkan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah di KUA Kecamatan Cibarusah Bekasi

Ananda, Elvira Nur (2022) Bimbingan pranikah untuk mempersiapkan pemahaman calon pengantin mewujudkan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah di KUA Kecamatan Cibarusah Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan Pranikah demi mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah ialah cita-cita setiap pengantin baru serta impian untuk yang telah berkeluarga, tetapi dalam realita hidup tidak seluruh pengantin yang mendapatkannya sebab memanglah memerlukan kiat-kiat tertentu sebab itu tiap calon suami istri yang hendak menikah diharapkan memiliki bekal yang mencukupi dalam menempuh bahtera rumah tangga. Proses bimbingan pranikah diharapkan dapat memberi panduan dan bukan hanya menjadi sebuah ritual semata yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui program bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibarusah 2) Untuk mengetahui pemahaman bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibarusah untuk meningkatkan pengetahuan calon pengantin tentang membangun keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah 3) Untuk mengetahui tahapan-tahapan calon pengantin dalam mewujudkan keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Penelitian ini didasari bahwa konsep bimbingan pranikah merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu dalam hal memahami diri sendiri, menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih, menentukan, dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinya dan tuntutan lingkungan berdasarkan norma-norma yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dasar pemikiran menggunakan metode penelitian ini adalah karena penelitian ini ingin mengetahui proses layanan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibarusah yang dilakukan secara apa adanya untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi berhasil memberikan pemahaman kepada calon pengantin karena dalam materi yang sudah disampaikan oleh narasumber dapat dimengerti dan dipahami oleh peserta. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah; Calon Pengantin; Sakinah; Mawaddah; Warahmah
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Elvira Nur Ananda
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:25
Last Modified: 04 Oct 2022 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59044

Actions (login required)

View Item View Item