Komunikasi pelayanan publik melalui sistem informasi pelayanan administrasi dan kependudukan umum

Adityo, Bima and Engkus, Engkus and Pikri, Faizal (2022) Komunikasi pelayanan publik melalui sistem informasi pelayanan administrasi dan kependudukan umum. Jurnal Dialektika : Jurnal Ilmu Sosial, 20 (2). ISSN 1412-9736

[img]
Preview
Text
Bima Adityo 2018 Artikel Komunikasi Pelayanan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Letter Of Acceptance (Bima Adityo) Jurnal Dialektika.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://www.jurnaldialektika.com/index.php/piani/ar...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana komunikasi interpersonal terjalin dalam proses pelaksanaan pelayanan publik di Kelurahan Cibaduyut Kidul Kota Bandung. Metode penelitian menerapkan pendekatan kualitatif juga bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan juga wawancara kepada perangkat intasnsi di Kelurahan Cibaduyut Kidul dan didukung oleh studi literatur. Hasil yang didapat peneliti membuktikan bahwa proses komunikasi interpersonal yang terjadi dapat dikatakan cukup berhasil diterapkan di instansi tersebut, memang namun adakalanya miskomunikasi tetap terjadi dengan faktor kurangnya pendekatan komunikasi diantara para petugas pelayanan itu sendiri, meskipun telah ada sistem informasi yang canggih yakni portal SIPAKU dan juga media eletronik sebagai perantara dalam pertukaran informasi The purpose of this study is to examine how interpersonal communication is established in the process of implementing public services in Cibaduyut Kidul , Bandung City. The research method is applying a qualitative also descriptive approach, with techniques in data collection using observation and also interviews with resource of information in Cibaduyut Kidul and supported by literature studies. The results obtained by the researchers prove that the interpersonal communication process that occurs can be said to be quite successfully applied in these agencies, indeed, but sometimes miscommunication still occurs even though there is a sophisticated information system, namely the SIPAKU portal and also electronic media as an intermediary in the exchange of informatio

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Pelayanan; Intrapersonal;
Subjects: Knowledge
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Bima Adityo
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:23
Last Modified: 04 Oct 2022 04:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59035

Actions (login required)

View Item View Item