Pengaruh harga dan labelisasi Halal terhadap minat beli mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada Produk Kosmetik Citra

Sa'diah, Lili Halimatu (2022) Pengaruh harga dan labelisasi Halal terhadap minat beli mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada Produk Kosmetik Citra. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam dan dijadikan sebagai pangsa pasar kosmetik dengan sasaran pada perempuan khususnya dikalangan mahasiswa. Membanjirnya produk kosmetika di pasaran mempengaruhi sikap seseorang terhadap keputusan pembelian dan pemakaian barang. Sehingga terjadinya manipulasi produk dengan menggunakan merek terkenal dengan harga yang murah dan kehalalannya dipertanyakan. Tujuan daripada penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik citra, kemudian untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik citra, serta untuk mengetahui pengaruh harga dan label halal secara simultan berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik citra pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2018-2021. Menurut Kotler, harga (price) adalah jumlah yang ditagihkan atas suatu produk atau jasa. Penetapan harga yang sesuai dengan konsumen akan meningkatkan pembelian konsumen yang akan berujung pada pendapatan perusahaan, disamping jumlah penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam akan mengutamakan Label Halal yang ada pada suatu produk. Hal tersebut akan mempengaruhi keputusan pembelian, karena jika suatu produk sudah berlabel halal umat Islam tidak akan ragu untuk membeli suatu produk. Metode desktiptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan jumlah 100 responden melalui google form dan selanjutnya mengolah data dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial mempunyai hubungan dan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk kosmetik citra. Label halal secara parsial mempunyai hubungan namun tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk kosmetik citra. Hal tersebut disebabkan karena responden dalam mengisi angket banyak yang menjawab setuju ditambah hasil uji menunjukkan variabel harga paling dominan daripada variabel label halal. Sehingga, secara simultan harga dan label halal mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk kosmetik citra sebesar 40,1% Sedangkan yang lainnya di pengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Harga; Label Halal; Minat Beli;
Subjects: Economic of Land and Energy
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Lili Halimatu Sa'diah
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:30
Last Modified: 04 Oct 2022 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59022

Actions (login required)

View Item View Item