Pemberdayaan pasar Dongko dalam meningkatkan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Sekolah Alam Bogor Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor

Syahpira, Ririn (2022) Pemberdayaan pasar Dongko dalam meningkatkan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Sekolah Alam Bogor Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penulis melakukan penelitian itu karena melihat dari fenomena yang ada di kampung Sindang Sari Gang Kodir terdapat kesenjangan ekonomi masyarakat. Dari fenomena tersebut penulis tertarik bahwa dari masyarakat di kampung Sindang Sari rata-rata hanya menjadi ibu rumah tangga padahal dilihat dari sumber daya lingkungan masyarakat tersebut sangat kurang dimanfaatkan. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu komunitas Salam Rancage membuat program pemberdayaan masyarakat gang kodir dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meminimalisir sumber daya lilngkungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program pemberdayaan, proses pemberdayaan dan hasil yang dicapai dalam progam pemberdayaan pasar dongko dan untuk mengetahui sejuh mana keberhasilan pemberdayaan pasar dongko dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengenai pemberdayaan menurut teori Edi Suharto bahwa pemberdayaan merupakan proses, tujuan dan hasil. Dimana dalam teori pembahasan yang dikemukakan oleh Edi Suharto berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi di pasar dongko. Metode yang digunakan peneliti yakni metode deskriptif kualitatif. dimana metode ini mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan dan fenomena yang terjadi ditempat penelitian. Dalam mengumpulkan data kualitatif pada penelitian ini memakai teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian mengola data menurut kategori, mendeskripsikan, menyusun nama yang penting, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian tentang program pemberdayaan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan, program yang dilakukan yaitu menyelenggarakan pasar dongko yang menjual berbagai macam sayuran dan makanan tradisional, upaya yang dilakukan memberikan respon yang besar dari masyarakat, upaya tersebut adalah melakukan penyadaran, malakukan transformasi dengan memberikan pengetahuan/keterampilan dan implementasi, hasil dari pemberdayaan cukup memberikan perubahan dalam meningkatan perekonomian masyarakat, meningkatkan partisipasi masyarakat, menciptakan rasa percaya diri, meningkatkan kemandirian, dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat; Perekonomian; Pasar.
Subjects: Econmics
Education
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ririn Fazrin Syahpira
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:17
Last Modified: 05 Oct 2022 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59012

Actions (login required)

View Item View Item