Bimbingan konsep diri perspektif al-Qur'an untuk mengembangkan kematangan karir remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandung, Kabupanten Bandung,Jawa Barat.

Putri, Melinda Rahayu (2022) Bimbingan konsep diri perspektif al-Qur'an untuk mengembangkan kematangan karir remaja di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandung, Kabupanten Bandung,Jawa Barat. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB ii)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB iii)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan di MTsN 2 Bandung pada Siswa MTsN 2 Bandung. Dimana masih banyaknya siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Dari hasil penelitian ditemukan indikasi kurangnya kematangan karir remaja diakibatkan karena tidak adanya konsep diri pada siswa MTsN 2 Bandung. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui :(1) Kompetensi Pembimbing MTsN 2 Bandung,(2) Proses Pelaksanaan Bimbingan Konsep Diri Perspektif Al-Qur’an untuk Mengembangkan Kematangan Karir Remaja MTsN 2 Bandung (3) Mengetahui Hasil Bimbigan Konsep Diri Perspektif Al-Qur’an untuk Mengembangkan Kematagan Karir Remaja MTsN 2 Bandung. Konsep diri dalam perspektif al-Qur’an adalah manusia merupakan satu hakekat yang mempunyai dua dimensi, yaitu dimensi material (jasad) dan dimensi immaterial (ruh, jiwa, akal dan sebagainya). Sedangkan kematangan karir remaja merupakan kesiapan kognitif dan afektif individu untuk mengatasi tugas-tugas perkembangan yang dihadapkan kepadanya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kompetensi Pembimbing Konseling MTsN 2 Bandung sudah dapat dikatakan Profesional.(2) Proses pelaksanaan Bimbingan Konsep diri persfektif al-Qur’an dilaksanakan menggunakan Methode Ceramah, Methode bimbingan kelompok juga methode diskusi. Dilengkapi dengan Media lisan dan materi-materi yang mendukung.(3) Hasil Bimbingan Konsep diri perspektif Al-Qur’an menunjukan adanya kolerasi antara konsep diri dengan pemilihan keputusan karir di MTsN 2 Bandung, Dimana siswa yang memiliki konsep diri yang kuat akan dapat dengan mudah memutuskan pilihan karirnya sesuai dengan minat,bakat dan kemampuan yang masing-masing siswa miliki. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kematangan karir remaja/siswa dipengaruhi oleh konsep diri, tentang bagamana Remaja dapat menghubungkan antara pengetahuan tentang diri serta minat,bakat,penilaian dan transisi yang ada pada diri mereka guna mencapai kematangan karir. Maka dari itu Bimbingan konsep diri perspektif Al-Qu’an untuk mengembagkan kematangan karir remaja merupakan solusi yang dibutuhkan untuk para siswa MTsN2 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Remaja; Terapi; Kematangan karir
Subjects: Humankind
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Milda Septiani
Date Deposited: 04 Oct 2022 05:05
Last Modified: 04 Oct 2022 05:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58994

Actions (login required)

View Item View Item