Aktivitas santri mengikuti pembelajaran menggunakan metode Amtsilati hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca kitab Ta’limul Muta’allim : Penelitian pada santri Ma’had Universal Al-Islamy Bandung

Qudsi, Arina Hunafa (2022) Aktivitas santri mengikuti pembelajaran menggunakan metode Amtsilati hubungannya dengan kemampuan mereka dalam membaca kitab Ta’limul Muta’allim : Penelitian pada santri Ma’had Universal Al-Islamy Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu berdasarkan studi pendahuluan. Diperoleh informasi bahwa aktivitas santri mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode amtsilati cukup baik, namun disisi lain kemampuan sebagian santri dalam membaca kitab kuning masih rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas santri mengikuti pembelajaran menggunakan metode amtsilati, 2). Kemampuan santri dalam membaca kitab Ta‟limul Muta‟allim dan 3). Hubungan antara aktivitas santri mengikuti pembelajarang menggunakan metode amtsilati dengan kemampuan mereka dalam membaca kitab Ta‟limul Muta‟allim. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan santri membaca kitab dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya aktivitas mereka mengikuti pembelajaran menggunakan metode amtsilati. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas santri dalam mengikuti pembelajaran menggunakan metode amtsilati, semakin baik kemampuan santri dalam membaca kitab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 santri. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, tes, observasi, studi dokumen dan wawancara. Analisis data dilakukan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial per indikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas aktivitas belajar santri mengikuti pembelajaran menggunakan metode amtsilati termasuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 91 yang berada pada rentang 82-100. 2) Realitas kemampuan santri dalam membaca kitab Ta‟limul Muta‟allim termasuk dalam kategori sangat tinggi yakni sebesar 87 dan interpretasi angka tersebut ada pada rentang 80-100 termasuk kategori sangat tinggi. 3) perhitungan uji normalitas sebesar 0,200. Nilai signifikansi tersebut lebih besar dari syarat signfikansi normalitas yaitu 0,05. Dengan demikian apabila hasil uji normalitas adalah 0,200>0,05 , dapat diputuskan bahwa hasil residual tersebut terdistribusi normal dan tingkat kekuatan hubungan antara variabel X dan Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,956 sesuai dalam rentang (0,800-1,000 = korelasi sempurna/ sangat kuat). Uji regresi linear sederhana didapat persamaan Y=71,890+0,174X dan koefisien determinasi sebesar 91% sisanya 9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat aktivitas pembelajaran memiliki peran yang sangat tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Ta‟limul Muta‟allim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Santri; Pembelajaran; Metode Amtsilati; Kemampuan Membaca Kitab; Ta’limul Muta’allim;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arina Hunafa Qudsi
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:54
Last Modified: 04 Oct 2022 00:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58987

Actions (login required)

View Item View Item