Sikap terhadap penerapan model Direct Intruction pada mata pelajaran Akidah Akhlak hubungannya dengan kesantunan di sekolah: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas IX MTs Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang

Kosa, Hikmah Akmelia (2022) Sikap terhadap penerapan model Direct Intruction pada mata pelajaran Akidah Akhlak hubungannya dengan kesantunan di sekolah: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas IX MTs Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena guru PAI di MTs Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang telah berusaha menyajikan materi Akidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran yang menurutnya tepat dan telah disesuaikan dengan materi yang akan diberikan khususnya model direct intruction dengan harapan agar siswa memiliki kesantunan dalam bertindak. Disatu sisi mendapat respon yang baik, dengan ditandai banyaknya siswa yang berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak, namun di sisi lain masih ada siswa yang pasif mengikuti pelajaran Akidah Akhlak. Dari kejadian pasif nya siswa tersebut mengakibatkan kurangnya kesantunan siswa dalam bertindak. maka dari iru, penulis tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara sikap siswa kelas IX pada model direct intruction terhadap kesantunan mereka.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) sikap siswa kelas IX Mts Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang terhadap penerapan model direct intruction, (2) kesantunan siswa kelas IX, dan (3) hubungan antara sikap siswa kelas IX terhadap penerapan model direct intruction pada mata pelajaran akidah akhlak dengan kesantunan mereka. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa tinggi rendahnya kesantunan siswa dipengaruhi oleh sikap mereka terhadap penerapan model direct intruction pada mata pelajaran akidah akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif sikap siswa terhadap penerapan model direct intruction pada mata pelajaran akidah akhlak maka semakin tinggi pula kesantunan mereka di sekolah. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis datanya yaitu : Analisis Parsial dan Analisis Korelasi.Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya: (1) Sikap siswa kelas IX Mts Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang terhadap penerapan model direct intruction berkategori positif dengan skor akhir 4,11 yang berada pada interval 3,40-4,19, (2) Kesantunan siswa kelas IX MTs Raudhlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang berkategori tinggi dengan skor akhir 4,04 berada pada interval 3,40-4,19, dan (3) Hubungan sikap siswa terhadap penerapan model direct intruction pada mata pelajaran akidah akhlak dengan kesantunan kelas IX MTs Raudlatul Irfan Hasaniyah Kabupaten Tangerang (a) koefisien korelasinya berkategori kuat (0,666) yang berada pada interval 0,60-0,799. (b) hipotesis menunjukkan bahwa thitung (4,14) > ttabel (2,07). Artinya semakin positif sikap siswa terhadap penerapan model direct intruction pada mata pelajaran akidah akhlak maka semakin tinggi pula kesantunan mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Direct Intruction; Model Pembelajaran; Kesantunan Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hikmah Akmelia Kosa
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:35
Last Modified: 03 Oct 2022 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58970

Actions (login required)

View Item View Item