Pengembangan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi momentum dan impuls

Ramadiani, Syifa (2022) Pengembangan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelayakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), (2) menganalisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), (3) menganalisis penguasaan konsep peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran dengan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP), dan (4) menganalisis respon peserta didik terhadap media Google Sites with Pomodoro (GOSIP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap implementasi menggunakan desain one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas X MIPA 1 yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar observasi, tes penguasaan konsep, dan angket respon peserta didik. Kelayakan media pembelajaran dianalisis menggunakan indeks validitas Gregory, perbedaan penguasaan konsep peserta didik dianalisis dengan menghitung skor N-gain, dan keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik terhadap media dianalisis dengan interpretasi dari persentase. Hasil penelitian yang didapat antara lain, (1) media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) sangat layak digunakan dengan indeks validitas Gregory sebesar 0,972; (2) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 93% dengan interpretasi sangat baik; (3) terdapat peningkatan penguasaan konsep sebelum dan setelah menggunakan media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) dengan skor N-gain rata-rata sebesar 0,51 dan termasuk dalam kategori sedang; dan (4) peserta didik memberikan respon positif terhadap media Google Sites with Pomodoro (GOSIP) dengan persentase 79% dan diinterpretasikan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Google Sites with Pomodoro (GOSIP); media pembelajaran; momentum dan impuls; penguasaan konsep.
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Syifa Ramadiani
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:07
Last Modified: 03 Oct 2022 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58968

Actions (login required)

View Item View Item