Dampak implementasi konseling teman sebaya terhadap keputusan karir : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Huda, Erina Nurlathifatul (2022) Dampak implementasi konseling teman sebaya terhadap keputusan karir : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Pada setiap fase kehidupan, seseorang idealnya akan membuat keputusan-keputusan atas dirinya, termasuk seorang siswa yang secara tidak langsung diharuskan untuk membuat suatu keputusan karir. Ketika dihadapkan dengan hal tersebut, siswa yang masih dalam usia remaja ini cenderung melakukan konsultasi dengan teman sebayanya terkait dengan keputusan yang akan dipilih. Aktivitas konseling teman sebaya ini dianggap sebagai salah satu faktor yang memiliki dampak pada keputusan karir yang dipilih akan siswa nantinya, karena seorang remaja cenderung mendengarkan masukan dari teman sebaya dibandingkan dengan orang terdekat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konseling teman sebaya dikalangan siswa, permasalahan karir yang diselesaikan dalam layanan konseling teman sebaya, dan dampak implementasi konseling teman sebaya terhadap pengambilan keputusan karir siswa di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 2 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari teori konseling teman sebaya yang dikemukakan oleh Erhamwilda (2015) yang mengartikan konseling teman sebaya sebagai suatu layanan pemberian bantuan yang dilakukan oleh teman sebayanya yang biasanya berusia yang sama atau memiliki jenjang pendidikan yang sama/hampir sama, yang mana individu tersebut sudah terlebih dahulu diberikan pelatihan-pelatihan untuk menjadi konselor sebaya sehingga diharapkan dapat memberikan bantuan secara baik kepada teman-temannya yang memiliki permasalahan atau mengalami hambatan dalam perkembangan kepribadiannya . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran secara faktual, sistematis dan terperinci mengenai dampak impelemtasi konseling teman sebaya terhadap keputusan karir. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi konseling teman sebaya yang sudah dilakukan berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan yang tepat, hanya saja kualifikasi/syarat calon konselor perlu di tinjau kembali guna bisa memanfaatkan potensi siswa secara maksimal. Permasalahan karir yang diselesaikan dalam layanan konseling teman sebaya ini seputar kebingungan siswa dalam memililih Universitas/perguruan tinggi, jurusan/program studi, dan memilih untuk bekerja langsung. Adapun dampak yang ditimbulkan dari konseling teman sebaya terhadap keputusan karir siswa ini ialah meningkatnya kemampuan pengambilan keputusan karir pada diri siswa (konseli) dan meningkatnya keyakinan dalam diri siswa (konseli) terhadap keputusan karir yang dipilihnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling; Teman Sebaya; Keputusan Karir
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Erina Nurlathifatul Huda
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:46
Last Modified: 03 Oct 2022 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58957

Actions (login required)

View Item View Item