Respon siswa terhadap pengajian mingguan sebagai kegiatan kokurikuler hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari

Nuralim, Iman (2022) Respon siswa terhadap pengajian mingguan sebagai kegiatan kokurikuler hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Akhlak memegang peranan yang sangat penting dalam membina umat dan membangun bangsa, akhlak juga merupakan pondasi (dasar) yang utama dalam membentuk kepribadian yang paripurna. Untuk mewujudkannya adalah dengan melalui pendidikan yang salah satu tujuannya membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur atau berakhlakul karimah. Mengingat proses pendidikan yang diselenggarakan di lembaga pendidikan formal (sekolah) waktunya sangat terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas respon siswa terhadap pengajian mingguan sebagai kegiatan kokurikuler, realitas akhlak siswa sehari-hari dan realitas hubungan antara respon siswa terhadap pengajian mingguan sebagai kegiatan kokurikuler dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak seseorang itu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam individu (intern) dan faktor dari luar individu (ekstern). Dengan membatasi kasus yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pangandaran hipotesis yang diajukan adalah "Semakin tinggi respon siswa terhadap kegiatan pengajian rutin di sekolah maka semakin baik pula akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, menggambarkan dan menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Sedangkan proses analisis datanya dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan pendekatan statistika yang selanjutnya dianalisis secara parsial dan korelasional. Hasil penelitian menunjukan diperolehnya : 1) Respon siswa terhadap pengajian mingguan sebagai kegiatan kokurikuler berkategori tinggi dengan skor akhir 3,71 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. 2) Akhlak siswa kelas XI MIPA I MAN 2 Pangandaran berkategori tinggi yaitu sebesar 4,36 berada pada interval 3,40 - 4,19. 3) Realitas hubungan antara respon siswa terhadap kegiatan pengajian mingguan dengan akhlak mereka sehari-hari sebesar 0,62. Angka korelasi tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada rentang nilai 0,60 - 0,799. Kadar pengaruh variabel respon siswa terhadap kegiatan pengajian rutin di sekolah terhadap akhlak mereka sehari-hari adalah sebesar 38,2% dan berarti masih ada faktor lain sebesar 61,8% yang turut mempengaruhi pembentukan akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Kokurikuler; Pengajian
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iman Nuralim
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:50
Last Modified: 04 Oct 2022 00:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58954

Actions (login required)

View Item View Item