Pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Ramdan, Ari (2022) Pengaruh pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, terlebih lagi saat ini yang berkembang di abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan STEM terhadap peningkatan KBKr siswa pada materi ekosistem. Metode quasi-experiment, dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri Jatinangor dengan sampel kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif dengan nilai presentase pada guru 90% dan siswa 98%. Hasil uji t (data n-gain) diperoleh nilai thitung (5.909) > ttabel (2.030) maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Peningkatan KBKr siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor N-gain sebesar 0,61 (Sedang), nilai tersebut lebih besar dari pada rata-rata skor N-gain kelas kontrol sebesar 0,29 (Rendah). Hasil asesmen kinerja pada kelas eksperimen memperoleh nilai sangat baik dengan presentase 98%, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai baik dengan presentase 80%. Respon siswa terhadap pembelajaran materi ekosistem dengan pendekatan STEM adalah 82% (Sangat Baik), respon siswa terhadap pembelajaran materi ekosistem tanpa pendekatan STEM adalah 80% (Baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: STEM ; Keterampilan Berpikir Kritis Siswa ; Ekosistem
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Ramdan
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:08
Last Modified: 04 Oct 2022 05:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58944

Actions (login required)

View Item View Item