Pengaruh pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah Kecamatan Andir Kota Bandung

Permatasari, Riska Dwi (2022) Pengaruh pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah Kecamatan Andir Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia dianggap penting karena merupakan salah satu sektor strategis dalam perekonomian nasional. Program pendampingan dari Dinas Koperasi dan UMKM bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM untuk mencapai keberhasilan usaha yang dijalani para pelaku UMKM. Akan tetapi di Kota Bandung khususnya Kecamatan Andir masih ada beberapa pelaku UMKM yang tidak mengalami kenaikan pendapatan bahkan mengalami penurunan pendapatan setelah didampingi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung. Pada bulan Juni hingga Agustus 2021 sebanyak tujuh pelaku usaha tidak mengalami kenaikan pendapatan, dan lima pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan. Pada bulan September hingga Oktober 2022 sebanyak 10 pelaku usaha tidak mengalami kenaikan pendapatan, dan delapan pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan. Kemudian tidak adanya perubahan atau kenaikan pendapatan pada seluruh pelaku UMKM Kecamatan Andir setelah didampingi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung pada bulan Agustus hingga September 2021 yaitu sebanyak 32 pelaku usaha tidak mengalami perubahan pendapatan dan pada bulan Oktober hingga November 2021 sebanyak 32 pelaku usaha tidak mengalami perubahan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendampingan berdasarkan empat indikator yaitu enabling (pemungkinan atau fasilitas), empowering (penguatan), protecting (perlindungan), dan supporting (dukungan) terhadap perkembangan UMKM Kecamatan Andir Kota Bandung berdasarkan pertumbuhan penjualan, pertambahan karyawan, peningkatan laba, dan peningkatan nilai aset. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) H0 : Tidak adanya pengaruh pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung terhadap Perkembangan UMKM Kecamatan Andir Kota Bandung, 2) H1 : Adanya pengaruh Pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung terhadap Perkembangan UMKM Kecamatan Andir Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data penelitian yang diperoleh melalui kuesioner dari 32 responden yaitu seluruh pelaku UMKM Kecamatan Andir Kota Bandung yang terdaftar dalam program Pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung periode bulan April-November 2021. Penelitian ini menggunakan analisis inferensial koefisien korelasi dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendampingan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM Kecamatan Andir Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan;Perkembangan Usaha;UMKM
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Riska Dwi Permatasari
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:27
Last Modified: 03 Oct 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58938

Actions (login required)

View Item View Item