Aktivitas media monitoring pada media online : Studi deskriptif kualitatif pada Humas PT Phapros Tbk

Amalia, Riztria Zahra (2022) Aktivitas media monitoring pada media online : Studi deskriptif kualitatif pada Humas PT Phapros Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

PT Phapros Tbk merupakan badan usaha milik negara (BUMN) di bidang farmasi, berdiri sejak tahun 1954 dan merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma (Persero). PT Phapros Tbk mempunyai bagian Hubungan Masyarakat yang salah satunya melakukan aktivitas media monitoring pada media online. Media monitoring merupakan kegiatan atan pemantauan dan proses analisis pada pemberitaan seputar perusahaan yang dipublikasikan oleh media secara online. Salah satu tujuan media monitoring yaitu sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan citra dan reputasi perusahaan. Humas PT Phapros Tbk dapat menjaga citra perusahaannya dengan melakukan aktivitas atau kegiatan media monitoring yang berbentuk memonitoring, memantau dan mengevaluasi pemberitaan yang muncul melalui media online, dan juga sebagai bentuk evaluasi terhadap citra perusahaan dari perspektif media dan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas media monitoring pada media online yang dilakukan oleh Humas PT Phapros Tbk, melalui konsep Tahapan Media Monitoring yang digagas oleh Iswandi Syahputra dengan tiga indikator, yaitu: Tahap Data Mining; Tahap Pengolahan Data; dan Tahap Analisis dan Pelaporan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dan dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder yang didapat melalui teknik pengumpulan data, yaitu wawancara mendalam, observasi partisatif pasif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa aktivitas media monitoring oleh Humas PT Phapros Tbk dilakukan dengan indikator sebagai berikut: Tahap Data Mining yang terdiri dari menetukan kata kunci, bekerja sama dengan media konsultan, dan pencarian data pada media online; Tahap Pengolahan Data yang terdiri dari kategorisasi data media monitoring, dan menetukan tonalitas berita; dan Tahap Analisis dan Pelaporan yang terdiri dari analisis hasil data media monitoring, pelaporan data media monitoring, dan pemanfaatan hasil data media monitoring. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Humas PT Phapros Tbk sudah dapat dengan baik melakukan aktivitas media monitoring pada media online, dan juga sudah dilakukan sesuai dengan konsep Tahapan Media Monitoring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Monitoring; Humas BUMN; PT Phapros Tbk
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riztria Zahra Amalia
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:12
Last Modified: 03 Oct 2022 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58902

Actions (login required)

View Item View Item