Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan

Fitri, Chaerunisa Maulida (2022) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantu video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan berpikir yang diperoleh melalui pembelajaran adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis mengharuskan siswa menggunakan pengetahuan lama dan pengetahuan baru untuk mengelola informasi yang didapat dan dihasilkan suatu respon yang masuk akal dalam menghadapi suatu masalah yang baru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan, respon siswa serta mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbantu video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA di MAN 1 Kota Bogor dengan sampel kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 35 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah video pembelajaran, lembar observasi guru dan siswa, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran tergolong efektif dengan nilai persentase pada guru 91,49 % dan siswa 84,37 %. Respon siswa memiliki nilai persentase 79,72%. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,52 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,36 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menunjukkan nilai thitung 2,272 > ttabel 1,99 sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantu video animasi berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL); Kemampuan Berpikir Kritis Siswa; Video Animasi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Chaerunisa Maulida Fitri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:37
Last Modified: 03 Oct 2022 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58892

Actions (login required)

View Item View Item