Bimbingan Parenting untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja : Penelitian pada pengasuh di Laznas PYI Yatim dan Zakat/Panti Yatim Indonesia, Asrama Yatim Ujung Berung.

Sumantri, Annisa Savitri Desvianty (2022) Bimbingan Parenting untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja : Penelitian pada pengasuh di Laznas PYI Yatim dan Zakat/Panti Yatim Indonesia, Asrama Yatim Ujung Berung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan parenting merupakan program yang sangat berpengaruh peningkatan kecerdasan emosional remaja di Panti Yatim Indonesia. Pola bimbingan tersebut perlu dilakukan karena masa remaja berkaitan dengan pencarian jadi diri (ego identity) dan perlu dilatih untuk mencapai kedewasaan baik secara pikiran, fisik, psikologi dan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program, pelaksanaan dan manfaat dari adanya kegiatan bimbingan parenting untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja di Laznas Panti Asuhan Indonesia, Cabang Ujung Berung, Bandung. Kerangka pemikiran penelitian ini menggunakan pendapar Winkel & Sri Hastuti (2007) bimbingan merupakan proses bantuan terhadap individu atau kelompok, yang bertujuan untuk individu memedulikan dirinya, maka dari itu diharapkan individu dapat menuntun diri serta berperilaku normal, berimbang dengan kondisi keluarga dan norma-norma. Terori Desmita (2013) parenting yaitu proses terbaik yang bisa di pakai orang tua dalam membimbing serta mendidik anak sebagai pelaksanaan dari kewajiban terhadap anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam program bimbingan parenting untuk meningkatkan kecerdasan emosional remaja di Laznas Panti Asuhan Indonesia, Cabang Ujung Berung, Bandung meliputi: a) pemenuhan kebutuhan fisik, sosial dan ekonomi; b) membentuk kebiasan positif anakdalam berperilaku, bersikap, berbicara, berpikir dan beribadah; c) memberikan dukungan untuk mengembangkan potensi, minat dan bakar anak. Pelaksanaan program melalui beberapa kegiatan yaitu: a) bimbingan parenting pribadi; b) bimbingan parenting sosial; c) bimbangan parenting belajar; dan d) bimbingan parenting minat bakat. Manfaat progarm tersebut yaitu: a) mengenali emosi sendiri; b) mengelolah emosi; c) memotivasi diri; d) mengenali emosi orang lain; dan e) mengontrol emosi. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kecerdasan emosional remaja Laznas Panti Asuhan melalui pemenuhan kebutuhan fisik, sosial dan ekonomi melalui program kegiatan parenting untuk meningkatkan kecerdasan anak baik dalam mengelolah, mengontrol dan mengenali emosi diri sendiri atau orang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Parenting; Kecerdasan Emosional; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Ethics of Social Relations
Religious Ethics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Savitri Desvianty Sumantri
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:06
Last Modified: 04 Oct 2022 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58889

Actions (login required)

View Item View Item