Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan

Nurfadillah, Rizqa (2022) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang beragamnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, karena model pembelajaran yang digunakan di SMA Negeri 2 Kuningan pada pasca pandemi hanyalah model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang hanya melibatkan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dan lebih mudah bosan saat pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran learning cycle 5e, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e, dan 3) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dapat meningkat diantaranya yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa dapat melakukan eksperimen ataupun mencari tahu sendiri mengenai referensi untuk menyelesaikan permasalahan. Dengan demikian, model pembelajaran learning cycle 5E dirasa tepat untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E di kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil persentase observasi yang dilakukan bahwa rata-rata ketercapaian kegiatan tahapan proses pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 81,64% dan siswa sebesar 89,14%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan berhasil dengan baik. Perolehan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 83 dan kelas kontrol 72 dengan hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen 0,71 dan kelas kontrol 0,58. Sehingga dapat diperoleh hasil perhitungan effect size sebesar 0,98. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi prinsip dan praktik ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 5e; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqa Nurfadillah
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:16
Last Modified: 03 Oct 2022 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58870

Actions (login required)

View Item View Item