Nilai-nilai budi pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik 2 dan relevansinya dengan pendidikan karakter gagi siswa SD/MI: Penelitian kualitatif deskriptif analisis semiotika pada Film Koki-Koki Cilik 2

Hashipah, Azzah Siti (2022) Nilai-nilai budi pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik 2 dan relevansinya dengan pendidikan karakter gagi siswa SD/MI: Penelitian kualitatif deskriptif analisis semiotika pada Film Koki-Koki Cilik 2. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya kasus-kasus yang menunjukkan rusaknya karakter bangsa ditandai dengan hilangnya nilai-nilai luhur bangsa yang bahkan sudah terjadi sejak usia SD/MI. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) nilai-nilai budi pekerti yang terkandung dalam film Koki-Koki Cilik 2, 2) relevansi nilai-nilai budi pekerti yang ada dalam film Koki-Koki Cilik 2 dengan pendidikan karakter bagi siswa SD/MI. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dengan menjadikan film Koki-Koki Cilik 2 sebagai data primer penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: pertama, ditemukan sepuluh nilai-nilai budi pekerti dalam film Koki-Koki Cilik 2, yaitu Kasih Sayang, Menghargai, Kejujuran, Empati, Bekerja Keras, Optimis, Disiplin, Jiwa Wirausaha, Sportif, dan Pemaaf. kedua, relevansi dari nilai-nilai budi pekerti pada film Koki-Koki Cilik 2 dengan Pendidikan Karakter yaitu: nilai Kasih Sayang kepada sesama manusia relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Peduli Sosial sementara nilai Kasih Sayang sesama makhluk hidup relevan dengan nilai Peduli Lingkungan, nilai Budi Pekerti Menghargai relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Menghargai Prestasi, nilai Budi Pekerti Kejujuran relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Jujur, nilai Budi Pekerti Empati relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Peduli Sosial, nilai Budi Pekerti Bekerja Keras relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras, nilai Budi Pekerti Optimis relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras, nilai Budi Pekerti Displin relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Disiplin, nilai Budi Pekerti Jiwa Wirausaha relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Kreatif, nilai Budi Pekerti Sportif relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Menghargai Prestasi, dan nilai Budi Pekerti Pemaaf relevan dengan nilai Pendidikan Karakter Cinta Damai. Film ini dapat dimanfaatkan guru sebagai referensi media belajar dalam pembelajaran berbasis Pendidikan Karakter di sekolah tingkat SD/MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Budi Pekerti; Film Koki-Koki Cilik 2; Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azzah Siti Hashipah
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:32
Last Modified: 03 Oct 2022 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58865

Actions (login required)

View Item View Item