Strategi komunikasi Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan program Desa Digital : Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat

Lestari, Anita (2022) Strategi komunikasi Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan program Desa Digital : Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Mensosialisasikan Program Desa Digital (Studi Deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat). Desa Digital merupakan salah satu program dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai sebuah lompatan transformasi peradaban kehidupan desa melalui teknologi dalam menghadapi revolusi 4.0. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam mengembangkan ekosistem digital di perdesaan dilakukan secara intensif, sejak pertama rilis desa digital di Jawa Barat pada tahun 2018. Program desa digital di kelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat sebagai pelaksana program dan sudah mendapatkan penghargaan dari lembaga Internasional sebagai konsep Kota Cerdas terbaik di Asia Pasific kategori Ekuitas Digital dan Aksesibilitas dalam penghargaan Smart City Asia Pasific Awards (SCAPA) oleh Lembaga IDC Government Insight. Dalam memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat perlu diperhatikan kesiapan dan kematangan dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, karena memiliki latar belakang yang berbeda maka sangat diperlukan strategi komunikasi yang baik agar dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas provinsi jawa barat dalam mensosialisasikan program desa digital dengan menggunakan pendekatan konsep four steps public relations yang dikembangkan oleh Cutlip, Center, dan Broom antara lain pencarian data (fact finding), perencanaan dan pemrograman (planning and programming), aksi dan komunikasi (taking action and communicating), evaluasi (evaluating). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan strategi humas sejalan dengan konsep four steps PR dengan tahap fact finding yaitu melakukan analisis data dan pencarian data merujuk pada Indeks Desa Membangun dan survei, tahap planning and programming melakukan perumusan tujuan dan penetapan program melalui inovasi program dengan menentukan isi pesan dan saluran yang digunakan, tahap taking action and communications melaksanakan sosialisasi secara langsung dan sosialiasi secara tidak langsung, tahap evaluating the program melakukan peninjauan ulang persiapan, pelaksanaan dan hasil dari program yang sudah direncanakan saluran melalui media sosial dan kuisioner. ENGLISH : The digital village is one of the programs from the West Java Provincial Government as a leap in the transformation of village life civilization through technology in the face of the 4.0 revolution. The Regional Government of West Java Province in developing digital ecosystems in rural areas has been carried out intensively, since the first release of digital villages in West Java in 2018. The digital village program is managed by the West Java provincial communication and information office as the program implementer and has received awards from international institutions. as the best Smart City concept in Asia Pacific for the Digital Equity and Accessibility category in the Smart City Asia Pacific Awards (SCAPA) award by the IDC Government Insight Institute This study uses a qualitative descriptive research method with data collection techniques carried out are observation, interviews, and documentation. The purpose of this study is to find out how the West Java province's public relations strategy in disseminating digital village programs using the four steps public relations concept approach developed by Cutlip, Center, and Broom, including fact finding, planning and programming, taking action and communication, evaluating. The results of this study can be concluded that the Office of Communication and Information Technology of West Java Province has implemented a public relations strategy in line with the concept of four steps PR with the fact finding stage, namely conducting data analysis and searching for data referring to the (Developing Village Index), the planning and programming stage to formulate goals and determining the program through program innovation by determining the content of the message and the channel used, the taking action and communicating stage carrying out direct and indirect socialization, evaluating the program reviewing the preparation, implementation and results of the program that has been planned through social media channels and questionnaire.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Public Relations; Desa Digital
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Anita Lestari
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:44
Last Modified: 03 Oct 2022 04:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58863

Actions (login required)

View Item View Item