Penerapan metode Poster Comment menggunakan aplikasi Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Ppada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan : Penelitian tindakan kelas di kelas VI MI 1 Condong

Sadiah, Linda Halimatu (2022) Penerapan metode Poster Comment menggunakan aplikasi Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Ppada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan : Penelitian tindakan kelas di kelas VI MI 1 Condong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan mengenai hasil belajar kognitif peserta didik di kelas VI MI Condong, pada mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Hal ini dibuktikan dari studi dokumen Penilaian Akhir semester (PAS) dari 20 peserta didik terdapat 8 peserta didik atau sekitar 40% yang tuntas dan sisanya 12 peserta didik atau sekitar 60% yang belum tuntas dari KKM yaitu 75. Hal ini di perkuat dari hasil wawancara yaitu terdapat beberapa peserta didik ketika diberikan soal sering tidak paham terhadap soal yang diberikan. Sehingga mengakibatkan nilai yang rendah atas ketidak pahaman tersebut. Peserta didik sering tidak fokus ketika pembelajaran karena peserta didik merasa tidak diawasi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum menerapkan metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon, 2) gambaran proses penerapan metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada setiap siklus, 3) hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA setelah menerapkan metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui tiga siklus dan setiap siklusnya terdapat dua tindakan. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dilengkapi dengan instrumen seperti RPP, lembar evaluasi, lembar observasi pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) hasil belajar kognitif peserta didik sebelum diterapkannya metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon memperoleh nilai rata-rata 56 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 25% dengan kategori kurang. 2) gambaran penerapan metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon berjalan dengan lancar sesuai dengan tahapannya. Aktivitas pendidik dan peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I aktivitas pendidik memperoleh persentase 75% dengan kategori sedang, pada siklus II aktivitas pendidik meningkat menjadi 84% dengan kategori baik dan pada siklus III aktivitas pendidik mengalami peningkatan menjadi 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai 59% dengan kategori kurang, pada siklus II aktivitas peserta didik meningkat mencapai 73% dengan kategori sedang dan pada siklus III aktivitas peserta didik mengalami peningkatan memperoleh 92% dengan kategori sangat baik. 3) hasil belajar kognitif peserta didik setelah diterapkannya metode Poster Comment dengan menggunakan aplikasi Powtoon mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan rata-rata nilai peserta didik mencapai 67 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55% dengan kategori cukup, pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat memperoleh nilai rata-rata 74 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan kategori baik dan pada siklus III hasil belajar peserta didik meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 76 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, tujuan penelitian tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Poster Comment; Aplikasi Powtoon; Hasil Belajar Kognitif; Materi Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Linda Halimatu Sadiah
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:15
Last Modified: 03 Oct 2022 03:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58854

Actions (login required)

View Item View Item