Pengaruh teknik Self-Management berbasis konseling Islami terhadap perilaku menyimpang siswa : Penelitian di SMKN 8 Bandung di Jl. Kiliningan No. 31 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong. Kota Bandung. Jawa Barat

Mahmudah, Sri Mailah (2022) Pengaruh teknik Self-Management berbasis konseling Islami terhadap perilaku menyimpang siswa : Penelitian di SMKN 8 Bandung di Jl. Kiliningan No. 31 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong. Kota Bandung. Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa SMKN 8 dengan sampel kelas XI tentunya terpengaruhi oleh berbagai hal, misalnya faktor diri sendiri yang memiliki minat belajar sangat rendah juga faktor lingkungan yang kurang sehat untuk masa perkembangan siswa. Adapun perilaku menyimpang siswa di SMKN 8 yang sering terjadi yaitu kurangnya disiplin dalam belajar dan berpakaian, merokok dilingungan sekolah, membolos, model rambut yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah, serta menyimpan gambar atau video porno. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui program layanan konseling dengan teknik self management, 2) proses penerapan layanan teknik self management berbasis konseling Islami, 3) pengaruh teknik self management berbasis konseling Islami terhadap perilaku menyimpang siswa di SMKN 8 Bandung. Dalam penelitian ini proses layanan konseling menggunakan teknik self management dengan teori konseling islami yang merupakan suatu proses konselor dalam membantu memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi konseli baik itu permasalahan interpersonal, emosional ataupun keputusan tertentu dengan tujuan ingin mengubah perilaku menyimpang pada diri konseli. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 8 Bandung tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil oleh peneliti sebanyak 55 responden dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Self Management berbasis konseling Islami terhadap perilaku menyimpang yang diperoleh melalui uji regresi sederhana dengan output nilai korelasi (R) sebesar 0.711 dari output tersebut juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R squere) sebesar 0.506. Yang berarti dari output uji regresi sederhana ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara variabel Self Managementterhadap variabel Perilaku Menyimpang sebesar 50.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Management; Konseling Islami; Perilaku Menyimpang
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sri Mailah Mahmudah
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:01
Last Modified: 03 Oct 2022 03:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58819

Actions (login required)

View Item View Item