Pesan dakwah mengingat Allah pada video klip Syakir Daulay ft Adiba Khanza di chanel Youtube falcon music Indonesia : Analisis Semiotika

Annisa, Maya Fadhillah (2022) Pesan dakwah mengingat Allah pada video klip Syakir Daulay ft Adiba Khanza di chanel Youtube falcon music Indonesia : Analisis Semiotika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Semakin banyak media yang akan di produksi untuk menyebarkan dakwah bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang pesat seiring berjalannya perkembangan zaman. Video klip merupakan salah satu bentuk media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dakwah, seringkali musisi menggunakan video klip untuk memperkuat pesan dalam lagu mereka. Video klip sering kalu digunakan untuk menyebarkan propaganda, kritik sosial, dan tema-tema keagamaan. Video klip biasanya berisi pesan dan panduan yang biasanya terkandung pesan-pesan berupa nasihat yang di visualisasikan lewat alur cerita, adegan, gerakan, atau situasi yang dimainkan oleh model. Salah satu video klip yang yang menyampaikan pesan dakwah yaitu video klip “Allahumarhamna Bil Qur’an” Syakir Daulay ft Adiba Khanza. Tujuan dari penlitian adalah untuk mengtahui informasi yang terkandung dalam pesan dakwah yang disajikan dalam video klip melalui berbagai skenario atau gerak tubuh pada video klip Syakir Daulay ft Adiba Khanza dengan rumusan masalah terfokus pada tiga makna yaitu makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos mengenai mengingat Allah pada setiap gerakan dan adegan pada video klip Syakir Daulay ft Adiba Khanza. Penelitian ini memakai teori semiotika model dari Roland Barthes. Menurutnya, menjabarkan sebuah kunci yang ada dalam makna denotasi dan makna konotasi. Konotasi dipakai Barthes untuk menandakan signifikasi tahap kedua yang berhubungan dengan isi dan tanda bekerja melalui mitos. Penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan menentukan setiap adegan pada video klip tersebut lalu menganalisis makna dari setiap gesture dalam video klip tersebut. Hasil penelitian pada video klip ini terdapat makna denotasi yaitu keluarga pak Puji yang sedang mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi Covid-19 dan pak Puji tidak lupa untuk selalu mengingat Allah setiap saat agar Allah menolong pak Puji dan keluarganya. Makan konotasi pada video klip ini yaitu pak Puji harus bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan penghasilan agar pak Puji bisa menghidupi keluarghanya ditengah pandemi Cocid-19. Makna mitos pada video klip ini kita harus bisa menghidupi diri kita dan orang tersayang sebagai bentuk ikhtiar kita di bumi dan tidak lupa harus selalu mengingat Allah agar selalu dalam lindungan Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah;Video Klip;Video
Subjects: Islam > Da'wah
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah SWT (Alloh SWT)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maya Fadhillah Annisa
Date Deposited: 01 Oct 2022 08:26
Last Modified: 01 Oct 2022 08:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58806

Actions (login required)

View Item View Item