Peran kepemimpinan ketua DKM dalam memakmurkan Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Birkah Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang

Nurafifah, Rika (2022) Peran kepemimpinan ketua DKM dalam memakmurkan Masjid : Studi deskriptif di Masjid Al-Birkah Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Masjid merupakan tempat peribadatan umat islam. Dalam sejarah pertumbuhan Islam dimulai dari masjid. Berdasarkan hasil observasi pada bulan Desember 2021, Di Masjid DKM Al-Birkah. Kemajuan masjid akan ditentukan oleh kebijakan Ketua DKM dengan memutuskan langkah- langkah untuk meningkatkan kesehatan masjid Al Birkah. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang profesional diperlukan untuk mengoptimalkan kemakmuran masjid.Untuk mendorong kinerja yang lebih baik, untuk mendapatkan kemakmuran masjid di masjid Al Birkah dan meningkatkan kinerja sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Berdasarkan hal ini peran Ketua DKM yaitu Ahmad Komir, sangat berpengaruh terhadap kemakmuran masjid. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui peranan pribadi ketua DKM dalam memakmurkan masjid Al-Birkah, untuk mengetahui peranan pengambilan keputusan ketua DKM dalam memakmurkan masjid Al-Birkah, dan untuk mengetahui peranan ketua DKM dalam memanfaatkan sumber informasi untuk memakmurkan masjid Al-Birkah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Menurut G.R. Terry, manajemen adaIah proses Iuas yang meIibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengkoordinasian kegiatan untuk mencapai tujuan meIaIui pemanfaatan orang dan sumber daya Iainnya, dan teori kepemimpinan oleh HaroId Koontz, yang mendefinisikan kepemimpinan sebagai “seni/gaya meyakinkan bawahan untuk meIaksanakan tugasnya” daIam rangka mencapai tujuan organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang ditujukan untuk menjelaskan gambaran secara luas dan mendalam tentang Peran Ketua DKM dalam Memakmurkan Masjid Al- Birkah Kecamatan Jatinunggal, Sumedang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan ketua DKM Masjid Al-Birkah dalam memakmurkan masjid, yaitu dengan melaksankan kegiatan dan memanfatakan fasilitas yang ada di sekitar yang di sesuaikan dengan kebutuhan jamaah sekitar, di samping itu dalam pengambilan keputusan ketua DKM Masjid Al Baraki menggunakan metode yangbijak dan baik dengan mementingakn hasil keputusan bersama karena hasil dari keputusan tersebut akan di nikmati bersama oleh masyarkat dan jamaah masjid Al-Birkah. Dalam memanfaatkan fungsi masjid ketua DKM Masjid Al-Birkah memanfaatkan sumber komunikasi dengan berdialog secara individual, interpersonal dan intrapersonal dengan jamaah di sekitar masjid Al-Birkah. Hal ini dilakukan untk memakmurkan dan menghidupkan kegiatan masjid yang tidak befrokus pada kehgiatan satu ibadah saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masjid ; Ketua DKM ; Kemakmuran
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Social Process > Leadership
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rika Nurafifah
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:04
Last Modified: 03 Oct 2022 03:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58804

Actions (login required)

View Item View Item