Peran ganda wanita single parents dalam menjalankan fungsi keluarga: Studi deskriptif di Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut

Pauziah, Gilsya Mulya (2022) Peran ganda wanita single parents dalam menjalankan fungsi keluarga: Studi deskriptif di Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah wanita single parents yang lebih banyak jika di bandingkan dengan pria berstatus single parents di Desa Sukaluyu serta terdapatnya peningkatan angka masyarakat yang bertransformasi ke dalam status singgle parents dari waktu ke waktu. Dan juga dilatar belakangi dengan adanya peran yang menjadi ganda karena adanya perceraian atau kematian salah satu pasangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran ganda yang dijalankan oleh wanita single parents dalam mejalankan fungsi keluarga dan kendala apa saja yang dihadapi wanita single parents dalam menjalankan peran gandanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Struktural Fungsional yang digagas oleh Talcott Parsons dengan pandangannya bahwa lembaga sosial seperti keluarga jika untuk menjalankan struktur dan fungsinya harus memenuhi skema adaptation, goal atainment, integration dan latention. Penelitian ini dilakukan di Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer yaitu single parents di Desa Sukaluyu, dan sumber data sekunder yaitu kajian ilmiah terdahulu dari Desa Sukaluyu. Adapun teknik pengumpulan data dipenelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis datanya berangkat dari data lapangan pada masyarakat di Desa Sukaluyu yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi single parents dituntut menjalankan peran gandanya sebagai orang tua tunggal baik dengan menjadi kepala keluarga atau ibu rumah tangga. Adanya perubahan-perubahan peran menjadi kepala keluarga memang harus dilakukan oleh wanita single parents dalam mencari nafkah dan menjalankan tugas didalam keluarganya. Kondisi ini cukup menyulitkan bagi wanita single parents. Peran ganda wanita single parents di Desa Sukaluyu mengharuskan seorang wanita single parents menjalankan peran fungsional secara bersamaan. Dalam menjalankan peran ganda tersebut wanita single parents harus dapat beradaptasi dan mengintegrasikan perubahan secara dinamis terhadap keadaan keluarga. Kendala wanita single parents dalam menjalankan fungsi keluarga yaitu dalam aspek ekonomi dan aspek sosialnya. Wanita single parents harus mampu menjalankan peran ganda di dalam keluarga tanpa mempertimbangkan kesanggupan atau keadaan fisik dan mentalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Ganda; Wanita Single Parents; Fungsi Keluarga
Subjects: Ethics of Family Relationships
Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Gilsya Mulya Pauziah
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:20
Last Modified: 04 Oct 2022 02:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58800

Actions (login required)

View Item View Item