Penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas IV di MI : Penelitian tindakan kelas di MI Matlaul Atfal Kota Bandung

Oktaviani, Ine Rizki (2022) Penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis pada siswa kelas IV di MI : Penelitian tindakan kelas di MI Matlaul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV MI Matlaul Atfal, bahwa pada saat pembelajaran berlangsung cenderung berpusat pada guru, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, pemahaman matematis siswa kurang, antusias belajar matematika rendah, model yang digunakan kurang tepat, akibatnya pemahaman matematis siswa rendah hanya 31% yang mencapai nilai KKM (70). Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) kemampuan pemahaman matematis sebelum menggunakan model pembelajaran concept attainment, (2) gambaran proses pembelajaran matematika dengan diterapkan model pembelajaran concept attainment, (3) peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada setiap siklusnya saat diterapkan model pembelajaran concept attainment. Penerapan model Concept Attainment merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk menata atau menyusun data sehingga konsep-konsep penting dapat dipelajari serta tepat dan efisien. Model ini memiliki pandangan bahwa para siswa tidak hanya dituntut untuk mampu membentuk konsep melalui proses pengklasifikasian data akan tetapi mereka juga harus dapat membentuk susunan konsep dengan kemampuannya sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan data nya menggunakan wawancara, dokumentasi, tes pemahaman matematis yang digunakan setiap siklus, lembar observasi guru dan siswa. Siswa yang dijadikan objek penelitian ini adalah kelas IV MI Matlaul Atfal yang berjumlah 23 siswa. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada tahap pra siklus sebelum penerapan model pembelajaran concept attainment dalam pelajaran matematika kelas IV MI Matlaul Atfal memperoleh nilai ketuntasan klasikal 13% dengan rata-rata pemahaman matematis siswa 40. Adapun gambaran proses pembelajaran matematika dengan diterapkannya model concept attainment dilihat dari aktivitas siswa dan guru, aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58% dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 67% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus III yaitu sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 70% dengan kategori baik, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 80% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus III mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil pemahaman matematis siswa setelah menggunakan model concept attainment memiliki rata rata nilai pada siklus I sebesar 63 dengan kategori baik, kemudian pada siklus II sebsar 73 dengan kategori baik, dan pada siklus III sebesar 78 dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa di kelas IV MI Matlaul Atfal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Concept Attainment; Kemampuan Pemahaman Matematis; Siswa Kelas IV di MI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ine Rizki Oktaviani
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:50
Last Modified: 03 Oct 2022 04:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58794

Actions (login required)

View Item View Item