Model dakwah dalam pendekatan Storytelling : Studi kasus pada dakwah Habib Syahdu

Anwar, Muhammad Raihan (2022) Model dakwah dalam pendekatan Storytelling : Studi kasus pada dakwah Habib Syahdu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Melakukan aktivitas dakwah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang telah mukallaf, karena umat muslim mempunyai amanah dari Allah SWT sebagai penerus tugas nabi untuk menyampaikan ajaran agama islam. Maka dari itu, Muhammad Syahir Alaydrus atau yang lebih di kenal dengan nama Habib Syahdu seorang aktivis dakwah yang melakukan dakwah dengan metode Story Telling, metode ini tidak terkesan seperti menggurui, tapi lebih senantiasa mengajak untuk berfikir, bukan hanya aspek intelektual saja tetapi juga aspek kepekaan, kehalusan budi, emosi, seni, daya berfantasi, dan imajinasi yang tidak hanya mengutamakan kemampuan otak kiri tetapi juga otak kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model dakwah yang digunakan Habib Syahdu melalui Story Tellingnya, juga tekhnik Story Telling dalam kegiatan dakwahnya yang dapat menyadarkan mad’u dalam pentingnya sebuah tauladan dari sebuah cerita bagi kehidupan manusia. Penelitian ini menggunakan konsep teori yang mengadopsi dari model komunikasi Harold Laswell. yang menyebutkan ada lima unsur dalam komunikasi, yakni: sumber, pesan, media, penerima, dan efek. Yang menjadi sumber dalam penelitian ini Yaitu Habib Syahdu, pesan yang disampaikan yaitu sejarah dalam islam yang kebanyakan di ambil dari kisah yang terdapat dalam Alquran, salurannya yaitu Youtube, Buku, Film, seminar online dan panggung, penerimanya yaitu dari kalangan remaja bahkan dewasa dari kalangan ilmuan dan orang awam, efek yang disampaikan yaitu membenarkan kesalah pahaman orang-orang yang sering mendengar cerita tanpa di dasari oleh landasan ilmu pengetahuan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan Study Kasus. Kemudian tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu Observasi dan Wawancara dengan menganalisis objek dakwah dan pesan dakwah dari beberapa kegiatan dakwah Habib Syahdu. Hasil penelitian ini menunjukkan yakni model dakwah yang dilakukan oleh Habib Syahdu menggunakan metode Ibrat Al-Qashash. Pesan yang disampaikan tentang sebuah cerita dan kisah. Dalam model dakwah Habib Syahdu berdasarkan tanggapan, sambutan dan efek yang terjadi pada jamaah relatif positif. Itu membuktikan Model Dakwah Habib Syahdu memang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Dakwah; Story Telling; Habib Syahdu
Subjects: Islam > Historical, Geographic of Islam
Islam > Da'wah
Islam Umum
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Raihan Anwar
Date Deposited: 03 Oct 2022 01:22
Last Modified: 03 Oct 2022 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58787

Actions (login required)

View Item View Item