Pengaruh terapi zikir terhadap kecemasn ibu hamil pra persalinan: Studi Kasus Ibu Hamil Primigravida Trimester III di Poskesdes Desa Ciporeat

Yudiana, Yudiana (2022) Pengaruh terapi zikir terhadap kecemasn ibu hamil pra persalinan: Studi Kasus Ibu Hamil Primigravida Trimester III di Poskesdes Desa Ciporeat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Kehamilan merupakan hal yang alami dan membahagiakan yang terjadi pada pasangan suami istri, namun demikian, terkadang tidak mudah menjalani kehamilan yang terjadi sampai proses persalinan. Selama kehamilan ibu mengalami perubahan fisik dan psikis yang terjadi akibat perubahan hormon. Ibu hamil terutama pada kehamilan pertama dapat mengalami berbagai perasaan bercampur aduk. Selain perasaan bahagia yang tidak terlukiskan, juga perasaan cemas karena ia belum pernah mengalami proses tersebut. Kecemasan tersebut dapat muncul karena masa panjang saat menanti kelahiran penuh ketidakpastian, selain itu bayangan tentang hal-hal yang menakutkan saat proses persalinan walaupun apa yang dibayangkannya belum tentu terjadi. Zikir merupakan suatu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mengingat-Nya. zikir juga dapat berfungsi sebagai metode psikoterapi, karena dengan banyak melakukan zikir akan menjadikan hati tentram, tenang dan damai, serta tidak mudah digoyahkan oleh pengaruh lingkungan dan budaya global. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola zikir dan pengaruh terapi zikir terhadap kecemasan ibu hamil primigravida trimester III di Poskesdes Desa Ciporeat. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan sampling jenuh, teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabelitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi zikir secara efektif dapat membantu subjek dalam mengatasi kecemasan tersebut. Ibu hamil yang tadinya mengalami kecemasan, seperti takut, gelisah, khawatir, mudah tersinggung, dll., tetapi setelah dilakukannya terapi zikir tersebut, ibu hamil merasa dirinya lebih tenang, tentram, tidak ada gelisah dan khawatir sama sekali, serta lebih bisa mengontrol emosi. Berdasarkan analisis data, pengaruh terapi zikir terhadap kecemasan ibu hamil pra melahirkan memiliki korelasinya 69,8% dapat dikatakan kuat. Artinya terdapat hubungan positif yang kuat antara variabel X (terapi zikir) dan vaiabel Y (kecemasan ibu hamil). Berdasarkan uji koefisien regresi diperoleh nilai Sig 0,012 ≥ 0,05 maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh terapi zikir terhadap kecemasan ibu hamil pra melahirkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: terapi zikir; kecemasan; kehamilan
Subjects: Islam > Dhikr, Qiblah
Gynecology and Obstetric
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Yudiana Yudiana
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:54
Last Modified: 12 Oct 2022 02:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58730

Actions (login required)

View Item View Item