Dakwah berbasis aplikasi digital : Analisis isi pesan dakwah di Instagram @gen.saladin

Destriana, Melin (2022) Dakwah berbasis aplikasi digital : Analisis isi pesan dakwah di Instagram @gen.saladin. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_datarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini menyebarkan syariat Islam tidak selalu harus dilakukan secara face to face. Telah banyak media yang memfasilitasi setiap penggunanya untuk saling berbagi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya dengan jangkauan yang luas. Salah satu media dengan jangkauan luas dan memiliki pengguna yang banyak ialah Instagram. Instagram selaku media yang bersfat interaktif dan memiliki banyak fitur yang beragam menjadi media yang digemari oleh banyak pengguna dari seluruh dunia, dan banyak pula yang memakai kesempatan tersebut untuk membagikan hal yang positif dan berguna. Akun Instagram @gen.saladin menjadi salah satu akun yang menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan dakwah Islam dengan fokus mempelajari dan mengkaji mengenai sejarah Islam dengan memposting berbentuk tulisan yang bermuatan pengetahuan akan sejarah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akun @gen.saladin menyusun suatu organisasi pesan. Mengetahui kategorisasi pesan yang banyak diterapkan, dan imbauan pesan mana yang lebih di tonjolkan dalam setiap postingan, terkhusus pada postingan pada periode November 2021 hingga Januari 2022. Teori yang digunakna peneliti ialah teori yang memilki kaitan dengan pesan dakwah, yakni teori komunikasi Harold Laswell yang mana memiliki lima unsur dalam kegiatan komunikasi yakni who, says what, in which channel, to whom, with what effect. Pada hal ini, teori berfokus pada unsur pesan (say what) yang mana menjadi alat dalam meneliti lebih jelas isi pesan yang disampaikan melalui media, dan teori media baru oleh Pierre Levy tentang perkembangan media. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis) yang dapat dipakai dalam menganalisis segala bentuk komunikasi. Analisis isi digunakan untuk memperoleh keterangan isi dari pesan pada postingan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 63 pesan dakwah yang diposting oleh akun @gen.saladin pada periode November 2021 sampai Januari 2022. Materi yang disampaikan berupa beberapa pengetahuan dan informasi yang bersumber dari berbagai literatur yang beberapanya dihubungkan dengan permasalahan yang ada sekarang ini dan dikaitkan kepada nilai-nilai Islam. Pesan dakwah yang diposting oleh @gen.saladin dari segi organisasi pesan lebih banyak disusun secara kronologis dan topikal, dari segi kategorisasi pesan lebih banyak menekankan kepada permasalahan syariah dan akhlak, dan pada segi imbauan pesan menekankan pada imbauan ganjaran dan motivasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Instagram
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Melin Destriana
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:53
Last Modified: 30 Sep 2022 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58708

Actions (login required)

View Item View Item