Penggunaan Metode Wahdah dalam meningkatkan hafalan siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas VIII: Studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Nurul Falah

Fajri, Rubhi Qurani El (2022) Penggunaan Metode Wahdah dalam meningkatkan hafalan siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Kelas VIII: Studi kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Nurul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya siswa dalam menghafal atau rendahnya hafalan jangka pendek, waktu yang kurang efektif untuk menghafal, kurang tepat dalam pemilihan metode, kurangnya persiapan, dan termasuk kurang nya tenaga pendidik yang ahli dibidang menghafal Al-Qur’an maupun hadis. Hal yang demikian biasanya pendidik memberikan metode pembelajaran yang membuat siswa merasa bosan dan menjadi pasif sehingga hasil belajar pada materi hafalan menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti metode hafalan yang dirasa cocok untuk diterapkan ke kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Cimahi Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) penggunaan proses metode wahdah dalam meningkatkan hafalan siswa kelas VIII MTs Nurul Falah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, 2) seberapa besar persentase peningkatan hafalan siswa kelas VIII MTs Nurul Falah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sesudah menggunakan metode Wahdah. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa hasil hafalan siswa dapat meningkat diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran dengan materi hafalan yang dapat mendorong siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran siswa dan dapat melakukan eksperimen ataupun mencari tahu sendiri mengenai referensi untuk menyelesaikan permasalahan. Dengan demikian, metode wahdah dirasa tepat untuk meningkatkan hafalan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain Pre-Test Post Test Design dengan sampel penelitian yang terdiri dari 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes hasil hafalan siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas dan Paired Sample T-test dari hasil pre-test dan post- test siswa dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode hafalan siswa dengan menggunakan metode wahdah dapat dilihat dari dengan hasil observasi tergolong dalam krieria baik. Hasil belajar hafalan siswa dalam rata-rata nilai pre�test sebesar 67,5 dengan kriteria cukup. Sedangkan rata-rata nilai post- test sebesar 86,7 dengan kriteria sangat baik. Hasil pre-test dan post-test juga dilakukan uji N�Gain persen sebesar 61,76% yang berarti penerapan metode wahdah terhadap peningkatan hafalan siswa siswa cukup efektif. Hasil uji normalitas dengan hasil data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji Hipotesis menunjukkan bahwa hasil menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka bisa disimpulkan, hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak yang dimana terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar hafalan siswa pada saat pre-test dan hasil belajar hafalan siswa pada saat post-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Wahdah; Hafalan Siswa;
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salwa Nabila Nur Habibah
Date Deposited: 30 Sep 2022 06:37
Last Modified: 30 Sep 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58667

Actions (login required)

View Item View Item