Analisis tindak pidana kekerasan verbal terhadap anak dalam pasal 76C UU NO 35 tahun 2014 tentang kekerasan terhadap anak perspektif hukum Pidana Islam

Masripah, Siti (2022) Analisis tindak pidana kekerasan verbal terhadap anak dalam pasal 76C UU NO 35 tahun 2014 tentang kekerasan terhadap anak perspektif hukum Pidana Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan merupakan sebuah tindakan melanggar hukum yang dapat mengakibatkan terjadinya luka fisik maupun batin atau mental bagi korban, kekerasan verbal terhadap anak dapat menimbulkan hal yag serius pada kualitas kehidupan mausia kedepannya sehingga sepatutnya kekerasan verbal terhadap anak harus dihindari. Tujuan dari penelitian adalah untuk memahami dari : 1).Norma hukum dari kekerasan verbal terhadap anak. 2). Sanksi apa saja yang akan dijatuhi pada pelangggaran norma hukum dari kekerasan verbal terhadap anak. 3). Tinjauan hukum islam terhadap norma dan sanksi dari kekerasan verbal terhadap anak dalam pasal 76C UU Nomor 35 Tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode ini merupakan metode yang terdapat proses penelitian yang mendeskripsikan tentang fakta-fakta sosial yang terjadi dan akan diteliti serta data verbal yang mendeskripsikan dengan sebuah sumber kepustakaan baik berupa buku, jurnal maupun sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah pada aturan norma hukum yang terjadi dalam hubungan antara pasal 76C dan hukum pidana Islam, dengan latar belakang yang diatas dapat memperjelas hukuman berdasarkan hukum Indonesia maupun hukum Islam.sanksi yang diterapkan terhadap pelaku kekerasan verbal terhadap anak adalah hukuman penjara 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan serta denda sebesar Rp72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah) menurut tinjauan hukum islam sanksi bagi pelaku tindak pidana kekerasa verbal ini adalah akan dikenakan hukuma fisik atau ta’zir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kekerasan; Verbal; Anak; Hukum Pidana Islam;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Siti Masripah
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:35
Last Modified: 30 Sep 2022 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58645

Actions (login required)

View Item View Item