Peran partai politik di tengah pandemi covid-19 potensi meningkatkan kepercayaan publik : Studi kasus pada partai Gerindra di DPC Gerindra Kota Tangerang

Ramadhan, Iqbal (2022) Peran partai politik di tengah pandemi covid-19 potensi meningkatkan kepercayaan publik : Studi kasus pada partai Gerindra di DPC Gerindra Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan kepercayaan publik terhadap partai politik dimasa pandemi Covid-19. Masuknya pandemi di Indonesia adalah salah satu bentuk permasalahan yang terjadi di masyarakat sehingga kontribusi partai politik juga sangat dibutuhkan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran partai politik dimasa pandemi dan pengaruhnya terhadap kepercayaan publik. Studi kasus dilakukan pada DPC Partai Gerindra Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah DPC Partai Gerindra Kota Tangerang. Sedangkan untuk sampel yang diambil sejumlah 13 orang yang terdiri dari dari pengurus DPC Partai Gerindra Kota Tangerang yaitu Ketua DPC, Wakil Ketua DPC dan Ketua PAC Partai Gerindra Kota Tangerang dan beberapa masyarakat Kota Tangerang. Penentuan sampel tersebut berdasarkan teknik non-probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa kontribusi Partai Gerindra Kota Tangerang selama pandemi yang dikatagorikan berdasarkan teori fungsi partai yaitu partai politik sebagai agen sosial, pelayan publik, agen pembaharuan dan harapan sosial. Sebagai agen sosial terdapat beberapa kegiatan seperti, bantuan sosial, bakti sosial, jumat berkah, dan santunan anak yatim. Sebagai pelayan publik mencakup kegiatan vaksinasi. Sebagai agen pembaharuan hanya pada kegiatan donor darah. Sebagai harapan sosial meliputi kegiatan bantuan kursi roda, bantuan bencana banjir, penyemprotan disinfektan, dan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19. Hanya saja melalui kontribusi tersebut berdasarkan hasil akhir analisis, masih terdapat beberapa kekurangan yang mengakibatkan sikap kekecewaan dan ketidakpuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Publik; Pandemi Covid-19; Partai Gerindra
Subjects: Political Process > Political Parties
Political Process > Practical Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Iqbal Ramadhan
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:23
Last Modified: 06 Oct 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58624

Actions (login required)

View Item View Item