Profesionalisme wartawan media daring dalam proses peliputan berita masa pandemi Covid-19: Studi deksriptif pada wartawan progresif Jaya

Ikarisma, Diana (2022) Profesionalisme wartawan media daring dalam proses peliputan berita masa pandemi Covid-19: Studi deksriptif pada wartawan progresif Jaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 yang dimulai pada tahun 2019 hingga saat ini tentunya memberikan dampak besar bagi beberapa sektor dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya yaitu dampak yang diberikan pada aspek media tentunya di Indonesia. Terutama untuk para wartawan Indonesia yang di masa pandemi ini masih memiliki tanggung jawab untuk mencari dan menyebarluaskan berita untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas. Dalam kasus ini profesionalisme seorang wartawan atau jurnalis sangat diperlukan, dalam menunjang sebuah proses peliputan untuk memverifikasi informasi data yang tepat dan terpercaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana untuk mengetahui bagaimana pemahaman wartawan progresif jaya mengenai profesionalisme wartawan, mengetahui bagaimana profesionalisme wartawan progresif jaya dalam menerapkan etika jurnalistik, dan untuk mengetahui bagaimana pengalaman wartawan progresif jaya dalam peliputan berita di masa pandemi Covid-19 Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta paradigma konstruktivisme. Penelitian ini berfokus pada pengalaman wartawan media Progresif Jaya terhadap suatu peristiwa sosial sehingga menggunakan studi kasus fenomenologi dengan mengelola data yang didapat dari hasil wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan profesionalisme pada wartawan Progresif Jaya terdiri menjadi 3 aspek, antara lain: (a) Memahami makna dan tujuan dari tugas seorang wartawan, (b) Menerapkan profesionalisme sesuai dengan kode etik yang ada pada saat peliputan berita, (c) Membuat berita yang sesuai dengan fakta (Faktual).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Wartawan;Peliputan Berita;Media Daring;Progresif Jaya
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Critical Philosophy > Phenomenology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Diana Ikarisma
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:35
Last Modified: 30 Sep 2022 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58598

Actions (login required)

View Item View Item