Media dan pemberitaan kriminal: Analisis isi kualitatif pasal 3 kode etik jurnalistik pada kanal News Tribun Padang edisi Oktober-Desember 2021

Agrivina, Farrasdevo (2022) Media dan pemberitaan kriminal: Analisis isi kualitatif pasal 3 kode etik jurnalistik pada kanal News Tribun Padang edisi Oktober-Desember 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Kode Etik Jurnalistik merupakan acuan bagi jurnalis dalam menulis berita yang akan dikonsumsi oleh public. Kejadian-kejadian yang ada di sekitar dapat menjadi berita yang berkualitas jika diolah berdasarkan kode etik yang berlaku. Seorang wartawan seharusnya memahami dan menaati Kode Etik Jurnalistik agar dapat bertanggungjawab dalam menjalankan tugasnya mencari informasi yang akan dikonsumsi oleh khalayak. Kebebasan pers berjalan dengan baik untuk memberikan informasi khususnya terkait pemberitaan kriminal yang masih sering terjadi sampai saat sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis berita kriminal pada kanal news Tribun Padang Edisi Oktober-Desember 2021 dan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kode Etik Jurnalistik pasal 3 terkait pengujian informasi pada berita, keberimbangan berita, pelarangan mencampurkan fakta dan opini, dan asas praduga tidak bersalah. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (Content analysis). Dalam pandangan konstruktivis tidak ada realitas dalam arti nyata, realitas sosial tergantung bagaimana seseorang memahami dunia dan bagaimana seseorang menafsirkannya. Tujuan analisis isi dari paradigma konstruktivis adalah untuk melihat dan mengetahui bagaimana media mengonstruksi realitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Analisis isi kualitatif yaitu menggambarkan secara detail suatu pesan, atau suatu teks tertentu, serta dapat mendeskripsikan isi berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis berita kriminal edisi Oktober-Desember 2021 yang dipublikasikan oleh Tribun Padang didominasi oleh berita kriminal konvensional. Tribun Padang telah menerapkan Kode Etik Jurnalistik pasal 3 terkait pengujian informasi, keberimbangan berita, tidak mencampuradukkan fakta dan opini pada pemberitaannya serta menerapkan asas praduga tidak bersalah pada pemberitannya secara konsisten dan maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Kriminal;Media Online;Kode Etik Jurnalistik
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Law
Criminal Law > Criminal Procedure of Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: farras devo agrivina
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:28
Last Modified: 30 Sep 2022 02:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58596

Actions (login required)

View Item View Item