Inovasi media di tengah era disrupsi teknologi: Studi kasus penggunaan surat elektronik pada media online asumsi periode 10-22 Januari 2022

Fauzan, Ibaddilah Nurodin (2022) Inovasi media di tengah era disrupsi teknologi: Studi kasus penggunaan surat elektronik pada media online asumsi periode 10-22 Januari 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Media baru telah menjadi sumber rujukan utama di era pesatnya kemajuan internet. Kemudahan penggunaan teknologi melahirkan banyak media baru. Fenomena ini kemudian menjadikan media berlomba-lomba melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang dapat dilihat adalah hadirnya berita atau buletin harian yang dikirim melalui surat elektronik (surel) setiap pagi oleh media Asumsi. Layaknya penyebaran berita melalui koran, namun dengan medium yang baru dan dikirim secara gratis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi media online Asumsi mempengaruhi tindakan pembaca melalui surat elektronik, mempengaruhi persepsi dan mengatur pengalaman, serta bagaimana media Asumsi mengikat pembaca melalui berita yang dikirim dengan surel. Penelitian ini menggunakan teori ekologi media yang dicetuskan oleh Marshall McLuhan. Oleh sebagian peneliti disebut pula dengan teori determinasi teknologi. Teori ini menjelaskan bagaimana pengaruh teknologi terhadap pola komunikasi masyarakat. Semakin pesatnya kemajuan dalam teknologi, semakin banyak pula opsi dalam berkomunikasi dan memilih media. Pendekatan penelitiannya menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara wawancara, observasi, serta studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, strategi mempengaruhi tindakan pembaca dilakukan dengan riset produk yg sesuai dengan keinginan khalayak. Selain riset, ada pula pertimbangan rentang usia, harga, hingga metode promosi. Kedua, proses penyebaran berita sehingga bisa mempengaruhi persepsi dan mengatur pengalaman khalayak pembaca dicapai dengan menciptakan motivasi media yang kemudian menjadi motivasi khalayak pembaca. Selain itu, media Asumsi memberikan pengalaman berbeda dalam surel serta memiliki konten berita yang mudah dimengerti. Intensitas dan ukuran juga turut menjadi pertimbangan. Ketiga, media Asumsi mengikat pembaca melalui surat elektroniknya dengan cara membuat konten berita dengan karakteristik yang unik, desain surel yang nyaman dilihat, serta menciptakan keterikatan dengan khalayak pembaca.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Media; Disrupsi Teknologi; Surat Elektronik;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ibaddilah Nurodin Fauzan
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:22
Last Modified: 30 Sep 2022 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58590

Actions (login required)

View Item View Item